October 25, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Abaikan Fatwa MUI, Jamaah Satu Masjid ODP

2 min read

3 Orang Positif Covid-19, 170 Jamaah Diisolasi

JARRAKPOSLAMPUNG – Teka-teki tentang kebenaran atas beredarnya capture surat berlogo Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (27/03/2020) malam, terkait jamaah satu masjid bersatus Orang Dalam Pantauan (ODP) yang begitu cepat tersebar di media sosial, terjawab sudah.

Surat yang menginformasikan bila ada (‐+) 300 orang orang jamaah diisolasi di salah satu masjid di daerah tersebut, lantaran tiga orang jamaah dinyakan positif terinfeksi Covid-19 itu benar adanya.

Dikutip dari laman megapolitan.compas.com, Camat setemapat Risan Mustar, telah mengonfirmasi bila ada sekitar 170 orang jamaah diisolasi di salah satu masjid di kelurahan Maphar. Mereka diisolasi setelah tiga orang jamaah terinfeksi Covid-19.

“Hasilnya tiga orang (terkonfirmasi) dari hasil pemeriksaan di Masjid Jammi Kebon Jeruk,” ucap Risan saat dihubungi, Jumat (27/03/2020) malam.

Berdasarkan data yang diterima Risan, setidaknya ada 78 warga negara asing dan 100 warga negara Indonesia yang diisolasi. Mereka akan diisolasi selama 14 hari sejak Kamis (26/03/2020).

Menyikapi hal tersebut, Risan mengimbau agar warga sekitar berhati-hati dan tetap mengikuti anjuran pemerintah agar tidak keluar rumah dan tidak berkerumun.

Di sisi lain, Camat Tamansari juga meminta bantuan kepada Dinas Sosial Jakarta Barat untuk menyediakan makanan bagi para jamaah yang diisolasi.

Sebab, para jemaah tidak diperbolehkan keluar komplek Masjid selama masa karantina.

Melalu surat, Risan meminta bantuan Dinsos untuk menyediakan makanan cepat saji pada pagi, siang, dan sore.

“Dalam rangka mendukung pelaksanaan karantina dimaksud dengan ini kami mohon bantuan makan siap saji untuk pagi, siang, dan sore selama 14 Hari terhitung hari ini Kamis 26 Maret 2020,” demikian isi surat tersebut.

Situasi terkini, Risan mengatakan, sekitar lokasi sudah dijaga oleh pihak keamanan setempat.

Berdasarkan data terakhir yang disampaikan pemerintah, ada 1.046 kasus Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 87 pasien di antaranya meninggal dan 46 orang sembuh.

Diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 pada Senin (16/03/2020).

Dalam fatwanya, MUI melarang pelaksanaan ibadah secara berkerumun di daerah yang terpapar corona. MUI menyebut sejumlah ibadah, seperti majelis taklim, salat jumat berjamaah, salat wajib berjamaah, salat tarawih, dan salat id. (ist)

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed