Mon. Oct 19th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Alumni Kelas Mondok Klasika, Khatam Pemikiran Filsuf Dunia

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Sebanyak 10 peserta Kelas Mondok Klasika telah merampungkan proses kelas angkatan tujuh. Selama kelas peserta mempelajari pemikiran dari berbagai filsuf dunia.

Demikian dikatakan, Kepala Sekolah Kelas Mondok Angkatan Tujuh, Yogi Prazani usai penutupan kelas, Senin (24/02/2020).

Menurutnya, kelas tersebut diselenggarakan selama 40 hari sejak 15 Januari 2020 lalu. Bahasan utamanya adalah pemikiran filsuf dunia, harapannya agar peserta mengetahui banyak pemikiran dan ideologi. Sehingga, lanjutnya, peserta paham bahwa banyak ideologi di dunia.

“Tujuannya adalah agar peserta paham kalau setiap individu itu memiliki alam subjektif yang berbeda-beda,” kata Yogi.

Dengan mengetahui hal tersebut, menurutnya, peserta bisa mengakui ada banyak perbedaan. Hal itu membuat setiap peserta mampu rileks menghadapi perbedaan.

“Setiap konflik yang terjadi dimulai dari fanatisme seseorang kepada ideologinya, dengan memahami setiap orang memiliki isi kepala yang berbeda maka kita akan rileks menghadapi setiap perbedaan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, fanatisme itu merupakan hasrat kebenaran. Hal menjadi penyebab berbagi konflik horizontal yang kerap terjadi. Banyak kelompok yang kerap memaksakan kebenarannya. Hal itu juga sering kali dimanfaatkan sebagai alat politik.

“Hal itu menjadi tema besar yang kita usung yakni manusia dan hasrat akan kebenaran,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed