October 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

BAKU TEMBAK TERJADI LAGI, KAPUPATEN INTAN JAYA

3 min read

PAPUA, balapatti.com | Pada tanggal 30 September 2020 Pukul 08.12 WIT bertempat di Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya telah terjadi gangguan tembakan sebanyak 3 kali letusan ke arah Polsek Sugapa oleh kelompok Separatis Bersenjata (KSB) dari arah bawah belakang Tower Tsel (sebelah Utara Polsek) dengan jarak -+ 120 meter.

Kronologis kejadian sbb :
Pukul 08.15 WIT Pada saat beberapa anggota Polsek sedang berada di depan halaman Polsek Sugapa, tiba2 dari arah utara terjadi gangguan tembakan sebanyak 3 kali letusan yang mengarah ke Polsek Sugapa yg diduga dilakukan oleh 4 orang KSB dengan menggunakan 1 senjata api Laras panjang.
Pukul 08.17 WIT Anggota Polsek Sugapa melakukan tembakan balasan ke arah sumber tembakan tersebut.
Pukul 08.24 WIT 5 orang Pers Koramil 1705-11/Sugapa Pers DPP Sertu Abdul Haris (Bamin Koramil 1705-11/Sugapa) dan 5 orang Pers Polsek Sugapa dpp Ipda Angel Mayor (Kapolsek Sugapa) melaksanakan ke arah sumber tembakan.

loading...

Pukul 08.26 WIT 1 Tim Yon R 400/BR dpp Kapten Inf Gede (Danki Yon R 400/BR Pos Sugapa) melaksanakan peutupan jalan pelolosan di ketinggian Kampung Bilogai Distrik Sugapa dan 6 Orang Pers Yon R 400/BR dpp Kapten Inf Agus (Kasiminlog Pinang Sirih) melakukan penutupan di arah simpang tiga SMA N1 Sugapa.
Pukul 08.26 WIT.Pada saat penyisiran terdengar suara letusan jat api jenis pistol yg dilepaskan oleh KSB yang melarikan diri ke arah Kp. Jalai.
Pukul 08.30 WIT Pada saat penyisiran Apkam gabungan melihat 4 orang melarikan diri Bpk. Anton Kobogau
Pukul 08.40 Apkam gabungan penggeledahan di rumah Bpk. Anton Kobogau yang di duga tempat persembunyian Kelompok Separatis Bersenjata (KSB).
Pukul 09.10 WIT Penyisiran selesai, selanjutnya Pers Koramil dan Polsek kembali ke Markas masing-masing.
Pukul 09.40 WIT 6 Orang Pers Yon R 400/BR dpp Kapten Inf Agus (Kasiminlog Pinang Sirih) yg melakukan penutupan di arah simpang tiga SMA N1 Sugapa kembali dan tiba di Posramil Sugapa.
Pukul 09.45 WIT 1 Tim Yon R 400/BR dpp Kapten Inf Gede (Danki Yon R 400/BR Pos Sugapa) melaksanakan penutupan di jalan pelolosan di ketinggian Kampung Bilogai Distrik Sugapa tiba di Posramil Sugap.
Hasil yang didapat pada saat melaksanakan penggeledahan sbb :
Identitas penghuni rumah (saksi) sbb :

Nama : Serpianus Kobogau

  • Umur : 15 Th
  • Pekerjaan : Siswa Kelas X SMA N1 Sugapa.
  • Suku : Moni
  • Jenis Kelamin : Laki laki
  • Alamat : Kp. Selemama Distrik Homeyo

Kerugian Personil dan Materil
1) Personil : Nihil
2) Materil :

  • Beberapa butir Munisi milik Polsek Sugapa ditembakkan.

Adapun Keterangan yang didapat dari Serpius Kobogau keluarga dari Anton Kobogau (Pemilik Rumah) sbb :
Serpinus Kobogau adalah adik dari pada Anton Kobogau (Pemilik Rumah) saat ini sedang bekerja di Kantor Prindakop Kabupaten Intan Jaya dan meninggalkan rumah sudah hampir 2 bulan lalu untuk itu Serpianus Kobogau (keluarga dari Anton Kobogau) yang saat ini menjaga Rumah.
Kelima orang yang melarikan diri datang dan tinggal bersama Serpianus Kobogau di Rumah Bpk. Anton Kobogau pada tanggal 29 September 2020 sekitar 14.00 WIT, dan juga orang tersebut merupakan keluarga dari Anton Kobogau (Pemilik Rumah).
Nama 5 orang yang melarikan diri tsb adalah sbb :
Perez Kobogau (Homeyo)
Opinus Tipagau (Homeyo)
Emion Kobogau (Hitadipa/STA)
Pinos Tipagau (Hitadipa/STA)
Salon Kobogau (Hitadipa/STA)

Menurut anggota Polsek Sugapa, bahwa pelaku penembakan Polsek Sugapa yang terlihat sebanyak 4 orang dengan membawa 1 pucuk senjata Laras panjang.
Adapun keterangan dari seorang mama2 yg tdk mau disebut namanya menjelaskan bahwa Malam melihat 4 orang menginap di salah satu rumah di bawah lokasi kedudukan penembakan dan terlihat salah satunya membawa senjata Laras panjang.
Dengan adanya kejadian tersebut anggota TNI-Polri di Distrik Sugapa melaksanakan Siaga dan aktifitas masyarakat baik OAP maupun Non OAP tampak sepi serta kios2 tutup.
Belum diperoleh informasi KSB kelompok mana yang melakukan gangguan tembakan tersebut masih melaksanakan LID yang lebih akurat.

K89,IS9

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed