Thu. Sep 17th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Begini Mekanisme Penanganan Suspek Corona di Lampung

1 min read

Hasil Laboratorium Dikirim ke Kemenkes Terlebih Dahulu

JARRAKPOSLAMPUNG – Tim dokter di daerah atau pun pemerintah daerah tidak dapat serta merta menyatakan seseorang terinfeksi coronavirus (covid-19). Sebab, ada beberapa mekanisme yang harus ditempuh, sebelum seseorang dinyatakan positif terinfeksi covid-19.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Sabtu (14/03/2020), ketika dikonfirmasi terkait adanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM).

Menurut Reihana, saat ini pihak RSUDAM sedang melakukan uji laboratorium terhadap pasien dan hasil lab dikirimkan ke Kementrian Kesehatan terlebih dahulu dan yang berhak mengumumkan adalah Jubir Kemenkes dr A Yurianto, apakah pasien positif covid-19 atau tidak.

Reihana membenarkan jika pasien berjenis kelamin pria, usia 69 tahun asal Kota Bandarlampung, masuk kategori PDP di RSUDAM. Pasien didiagnosa broncho pneumonia.

Pasien, lanjut Reihana, memiliki riwayat kontak dengan penderita positif covid 19 yang ada di Solo saat hadiri seminar di Bogor. “Masuknya tadi siang, Sabtu (14/03/2020) tapi sekarang keadaan umum pasien baik. Pasien sudah dirawat sesuai protabnya,” kata Reihana.

Mulanya, jelas Reihana, pasien masuk ke RSUDAM dengan gejala batuk sedikit demam dan kadang agak sesak. PDP belum tentu Covid 19, sampai ada hasil laboratoriumnya dan itupun hasilnya dikirim ke Kemenkes terlebih dulu. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752