October 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Benarkah, Dengan Punya PCR, Covid-19 di Lampung Bisa Ditekan?

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung memastikan dengan adanya Polymerase Chain Reaction (PCR), maka penanganan Covid-19 di Bumi Ruwa Jurai akan bisa ditekan. Benarkan? Berikut penjelasannya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana menuturkan, pihaknya sudah melakukan instalasi PCR yang diperoleh dari Kementrian BUMN. Saat ini, kata dia, sudah dilakukan pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ya, perlu ada pemantapan SDM. Walaupun analis kita sudah baik (mumpuni). Karena, Retraksi RNA (Molekul) seperti disampaikan Kementrian BUMN tidak berfungsi automatic. Jadi perlu pemantapan SDM guna melakukan retraksi RNA untuk menghindari penularan,” kata Reihana, Senin (11/05/2020).

Selanjutnya, kata Reihana, uji pungsi terhadap alat tersebut juga sudah dilakukan. Besok (Selasa 12 Mei 2020), pihaknya akan melakukan uji coba guna memastikan keakuratan dari para analis dalam mengoperasikan PCR tersebut.

“Insya Allah dengan adanya PCR, diagnosa akan lebih cepat tidak seperti selama ini. Dimana kita menunggu hasil dari Palembang dan Jakarta. Konsekuensinya tentu akan lebih cepat deteksi terhadap pasien Covid-19,” jelas dia.

Dengan deteksi lebih cepat, jelas Reihana, tentu implikasinya adalah lebih cepat pula upaya-upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Lampung. Selanjutnya, kata dia, pasien Covid-19 juga lebih cepat ditangani.

Ya, dengan memiliki PCR sendiri, harapannya semua akan menjadi lebih cepat. Kita tunggu perkembangannya. (***)

TONTON VIDEO PENJELASAN LENGKAPNYA DI SINI
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed