December 6, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Bertambah 2 Orang, Total Positif Covid-19 di Lampung Sudah 13

2 min read

2 Meninggal, 2 Sembuh, ODP dan PDP Terus Melesat

JARRAKPOSLAMPUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kembali merilis update terbaru perkembangan Covid-19 di Bumi Ruwa Jurai. Per 5 April 2020 pukul 10.00 wib tercatat dua lagi pasien dinyatakan positif terinfeksi covid-19.

Belum ada keterangan resmi terkait siapa dan darimana penambahan dua pasien positif terinfeksi covid-19 tersebut. Total orang terinfeksi covid-19 di Lampung sudah mencapai 13 orang dari sebelumnya 11 orang, 2 orang dinyatakan sembuh dan 2 meninggal dunia.

Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Tidak hanya jumlah pasien positif terinfeksi covid-19, data tersebut juga menunjukkan lonjakan yang cukup signifikan pada jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) dan jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Sehari sebelumnya, Dinkes mencatat 1.402 orang dalam pantauan, angka tersebut kini menjadi 1.530 orang dengan total orang yang masih dalam proses pemantauan 1.179 orang, 351 orang diantaranya sudah selesai dari proses karantina mandiri.

Untuk total PDP, ada penambahan satu orang, yang sebelumnya 36 orang menjadi 37 orang PDP, 18 orang diataranya dinyatakan negatif, 15 orang dirawat dan 4 orang isolasi mandiri.

Menanggapi hal tersebut, mantan anggota DPRD Lampung, Hidir Ibrahim mengatakan, pemerintah jangan sampai kecolongan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 ini. Sebab, kata dia, jika tidak segera ada langkah konkret, maka bukan tidak mungkin jumlah akan terus bertambah setiap harinya.


“Ya, jika setiap orang masuk di lepas begitu saja, hanya karena tidak ada gejala, besar kemungkinan jumlah orang terinfeksi covid-19 di Lampung terus meningkat dari hari kehari. Kemudian jika dilihat dari data penambahan dua pasien baru itu, adalah orang baru dan bukan dari PDP,” kata Hidir.

Kemungkinan, tambah Hidir, tambahan dua orang yang positif tersebut adalah pemudik. Jadi, kata dia, jika tidak ada langkah kongkrit terhadap orang masuk ke Lampung, angka akan terus bertambah.

“Maka langkah yang paling kongkrit dan rasional adalah karantina setiap orang yang datang. Minimal satu minggu, kemudian lakukan rapid test. Sudahlah pemerintah jangan terjebak dengan kegiatan yang sifatnya hanya bunyi-bunyian tetapi tidak berdampak signifikan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 ini,” pungkasnya. (***)

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed