Tue. Sep 15th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Dinkes Fasilitasi Crew Pesawat dan Pejabat Ingin Keluar Daerah

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung memastikan setiap orang yang keluar Lampung dalam keadaan sehat. Hal tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Lampung, dr Reihana menuturkan, pihaknya memfasilitasi mereka yang tetap harus beraktivitas di masa pandemi, seperti para crew pesawat yang akan meninggalkan Lampung dan juga pejabat yang akan melakukan perjalanan dinas keluar daerah.

“Ya, kita keluarkan Surat Keterangan Sehat bagi para crew pesawat dan pejabat yang akan keluar daerah untuk keperluan dinas,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung itu, Kamis (07/05/2020).

Surat tersebut, lanjut dia, diterbitkan dengan catatan, yakni yang bersangkutan sudah dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif (negatif).

“Jadi kami lakukan rapid test dulu, dan hasilnya harus negatif. Salah satu kegunaan rapid test yang saat ini ada adalah untuk kepentingan tersebut,” ujarnya.

Disinggung terkait akan adanya satu juta lebih distribusi rapid test dari pusat, Reihana belum dapat memastikan hal tersebut. Sementara ini, kata dia, rapid test yang diterima pihaknya adalah dari Pusat Krisis dan Gugus Tugas Nasional dan sudah didistribusikan.

“Tentu ada standar prioritas, yakni untuk tenaga medis di kabupaten/kota dan untuk para pasien yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah pasien di RS masing-masing,” jelas dia.

Selain itu, tambah Reihana, rapid test juga diprioritaskan bagi mereka yang berpotensi tertular Covid-19, diantaranya tenaga medis, termasuk office boy-nya, dan orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif. (***)

TONTON VIDEO PENJELASAN LENGKAPNYA DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752