Wed. Sep 23rd, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Gelar Mathematics Awards 2019, Himatika Banjir Pujian

2 min read

Perwakilan Civitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan berpose bersama Dekat FTK dan Himatika.

Alamsyah : Seimbangkan Sains dan Relegiusitas

JARRAKPOSLAMPUNG – Civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melalui Wakil Rektor (WR) I, UIN Raden Intan, Dr Alamsyah MAg memberikan apresiasi terhadap kegitan Mathematics Awards 2019 digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (Himatika). Kendati demikian, Alamsyah berpesan agar semangat belajar Sains juga harus seimbang dengan relegiusitas.

“Kami beri penghargaan dan apresiasi untuk selalu mengadakan kegiatan yang positif, mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyebarkan kecerdasan untuk anak bangsa,” kata Alamsyah saat membuka Mathematics Awards 2019 di GSG UIN Raden Intan Lampung, Kamis (7/11/2019).

UIN Raden Intan, lanjutnya, tidak hanya belajar di bidang agama. Sudah ada ilmu sosial, dan ilmu eksak (Sains). Kajian ilmu dunia dan akhirat. Ilmu yang membawa kebaikan.

“Mari mengkaji ilmu sains, mendalami ilmunya, dan menjalankan ibadah-ibadah keagamaan. Dalam Alquran banyak ayat-ayat kauniah tentang alam semesta yang diterapkan dalam keilmuan sains ini. Sains yang tidak didasari dengan agama akan membawa kemudaratan dan fitnah,” tuturrnya.

Ditempat yang sama, Dekan FTK Prof Dr Nirva Diana MPd merespon kegiatan tersebut dengan baik. Menurut Nirva, saat ini, era beraktifitas dan berfikir kritis. Kemampuan harus ter-asah sejak dini.

Dalam teori multiple intejensi, tambah Nirva, orang cerdas bukan yang menguasai semua ilmu, tetapi bisa menjawab persoalan atau melihat sesuatu yang terjadi saat ini dan menjadikan latarbelakang persoalan yang sudah lewat.

“Artinya, ketika seseorang menguasai satu disiplin ilmu, contoh matematika, dia sudah memiliki kecerdasan yang baik. Jangan dituntut lagi untuk bisa dibidang-bidang lain, yang penting memiliki kompetensi yang memadai,” jelasnya.

Ia mencontohkan Albert Einstein, seorang ilmuwan yang menguasai bidang fisika. “Jangan tuntut dia menjadi jago dalam musik seperti Mozart. Begitupun sebaliknya atau banyak contoh lainnya,” tandasnya. (ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *