Sat. Sep 26th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Gelar Refleksi Ahir Tahun, Pemprov Klaim Sejumlah Keberhasilan

2 min read


JARRAKPOSLAMPUNG – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memaparkan sejumlah klaim pencapaian pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung di bawah kepemimpinannya dalam agenda Refleksi Akhir Tahun yang digelar di Hotel Novotel, Bandarlampung, Senin (23/12/2019).

Tidak hanya menceritakan pencapaian yang sudah dilakukan oleh pemprov Lampung sejak ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana pada 12 Juni 2019 lalu, Arinal juga mengungkap beberapa tantangan dalam kepemimpinannya.

Pemrov Lampung menggelar refleksi ahir tahun 2019 di Hotel Novotel.


“Lampung memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dari sisi geografis, demografis dan kekayaan alamnya. Oleh sebab itu potensi yang ada harus dimanfaatkan secara baik untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Arinal.

Untuk itu, Arinal menuturkan pihaknya terus membangun konsolidasi, koordinasi dan komunikasi bersama semua elemen. Agar potensi yang ada tersebut bisa maksimal sehingga visi Rakyat Lampung Berjaya bisa terwujud.

“Menjadi keharusan melakukan konsolidasi, koordinasi dalam rangka memaksimalkan semua potensi untuk mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya,” tutunya.

Untuk konsolidasi internal, lanjut Arinal, pihaknya terus mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Penataan kelembagaan, penataan aparatur, penertiban aset dan pengelola keuangan.

“Dengan adanya penataan kelembagaan yang tepat guna dan tepat fungsi serta sesuai dengan kebutuhan daerah maka roda pemerintahan berjalan efektif dan efesien,” paparnya.

Untuk itu, tambahnya, butuh komitmen dari semua pihak baik pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan investor serta masyarakat untuk terus membangun Lampung.

“Perekonomian Lampung harus tetap tegak dan terus bangkit kedepannya. Pertumbuhan kumulatif setiap triwulannya terus naik. Sektor industri pengolahan menjadi yang tertinggi dari tiga sektor utama kita yakni pertanian, kehutanan dan perikanan,” katanya.

Diketahui, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim bersama jajarannya menggelar acara Refleksi Akhir Tahun Pemerintah Provinsi Lampung 2019 di Hotel Novotel Jalan Gatot Subroto, Bandarlampung, Senin (23/12/ 2019).

Berikut adalah kalaim pencapaian Pemprov :
1. Angka stunting menurun dua kali lipat dari penurunan angka stunting nasional, sebesar 15,3 persen.

2. Pertumbuhan sektor industri, pada Triwulan III mencapai 11,46 persen.

3. Menurunnya angka kemiskinan, Maret 2019 menurun 12,62 persen dibanding data September 2018.

4. Nilai Tukar Petani (NTP) mencapai nilai tertinggi pada sektor perikanan tangkap yakni 118,77 persen.

5. Indek Pembangunan Manusia (IPM) Lampung meningkat dari 63,77 di tahun 2010 menjadi 69,02 di tahun 2018 dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 1,00 persen per tahun.

6. Tingkat Penganggur Terbuka (TPT) mengalami penurunan.

7. Populasi ternak mengalami peningkatan.

8. Pertumbuhan ekonomi komulatif sebesar 5,33 persen. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *