December 6, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Gelontorkan Dana Rp30M Lebih untuk Jalan Tanggamus

2 min read

TANGGAMUS.JARRAKPOSLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelontorkan dana lebih dari Rp30 miliar, untuk perbaikan beberapa ruas jalan di wilayah Tanggamus termasuk ruas jalan menuju Kawasan Industri Maritim.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) saat meninjau pembangunan ruas jalan provinsi menuju Kawasan Industri Maritim (KIM) dan destinasi wisata Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (16/01/2020).

“Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelontorkan dana lebih dari Rp30 miliar untuk membangun infrastruktur menuju destinasi wisata yang ada di Tanggamus,” kata kader perempuan Nahdlatul Ulama itu.

Saat ini, lanjutnya, Pemprov Lampung tengah melakukan perbaikan pada empat ruas jalan di kawasan tersebut, yaitu Simpang Teluk Kiluan – Simpang Umbar sebesar Rp4 miliar, Simpang Umbar – Putih Doh sebesar Rp4 miliar, Putih Doh – Kuripan Rp2 miliar, dan Kuripan – Simpang Kota Agung Rp6 miliar.

“Ya, total anggarannya diatas Rp30 miliar. Tanggamus termasuk yang dapat perhatian khusus. Berisik terus, karena memang kondisinya sangat parah,” tutur Nunik.

Ditambahkan Nunik, Teluk Kiluan kini menjadi spot destinasi wisata yang diincar para wisatawan, karena menyajikan atraksi lumba-lumba alami di habitatnya, sembari melompat di perairan terbuka.

Teluk ini juga terkenal dengan keindahan biota lautnya. Para wisatawan dapat menyewa perahu untuk melihat kekayaan laut di Teluk Kiluan.

Mereka yang hobi memancing, juga dapat memuaskan diri memancing di perairan ini, dengan berbagai jenis ikan hidup di sini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menginstruksikan untuk membangun infrastruktur jalan, terutama di wilayah wisata.

Sinergi dalam peningkatan akses jalan menuju destinasi wisata menjadi program terpadu antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan potensi ekonomi, industri, dan pariwisata.

Diketahui, Kamis 16 Januari 2020 pkl 11.00 WIB, Wagub didampingi Bupati Tanggamus, Dewi Handajani beserta rombongan dalam menyempatkan untuk mengecek Posko Tanggap Bencana Semaka di Pekon Sukaraja, Semaka, Tanggamus.

Sebelumnya, Nunik melakukan senam bersama Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Tanggamus Bebas Stunting, di Pekon Banjar Manis, Kecamatan Gisting, dalam rangka Roadshow dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA), Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Kedatangan Wagub disambut oleh Bupati Tanggamus, Dewi Handajani bersama jajaran. Turut hadir Dandim 0424/TGMS, Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kajari David Palapa Duarsa, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Waka Polres Kompol Yuliansah, Anggota DPRD Provinsi Lampung Azuwansyah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus serta para Camat se-Tanggamus.

Dalam sambutan, Bupati Dewi Handajani menyampaikan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. (tim)

Editor: Ariyadi Ahmad

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed