Mon. Sep 28th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Hari ke Dua CAT Kemenkumham, Panitia Tingkatkan Pengawasan

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Panitia seleksi Tes Kopetensi Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung, Kamis (06/02/2020) meningkatkan pengawasan terhadap peserta.

Hal tersebut menyusul tertangkapnya salah seorang peserta CPNS kedapatan membawa HP dan modem yang disimpan pada celan dalamnya, kemarin, Rabu (05/02/2020).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung, Nofli mengatakan, pihaknya lebih meningkatkan pengamanan supaya hal serupa tidak terulang.

“Keamanan akan ditingkatkan, supaya rekrutmen ini dilakukan dengan transparan, jujur dan akuntabel,” kata Nofli.

Menurut Nofli, para peserta harus percaya diri dalam mengikuti proses dan tahapan demi tahapan.

“Peserta yang dinyatakan lulus CPNS mesti karena kemampuannya sendiri,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Umum Hadi menuturkan, pihaknya melakukan pemeriksaan dan pengawasan di enam sesi. Pertama, kata dia, yang dilakukan oleh panitia, yaitu dipintu masuk.

Kemudian, tambahnya, di ruang penitipan barang, sebelum melakukan regristasi. Setelah melakukan regristasi juga ada dengan menggunakan alat metal detector. Lalu dilanjutkan dengan penggeledahan manual oleh petugas, dan yang terakhir saat penyocokan identitas.

“Menyusul kejadian yang kemarin, hari ini dan selanjutnya perserta akan di cek sebanyak 6 kali orang panitia,” tuturnya.

Kendati demikian, kata Hadi, pihaknya masih saja menemukan peserta yang membawa handphon, jam tangan, dan asesoris lainnya.

Diketahui, sehari sebelumnya panitia mendapati peserta CPNS handphon dan modem saat akan memasuki ruangan tes. Kedua barang tersebut  disimpan di dalam celana dalam.

Peserta yang kedapatan membawa hp dan modem tersebut bernama Riska Enno Wijaya. Saat itu kata Yuli, Riska memakai baju yang cukup tebal.

“Waktu diadakan pemeriksaan menggunakan alat metal detector memang sudah berbunyi, namun peserta tersebut mengaku tidak membawa apapun,” ujar Yuli saat dimintai keterangan, Kamis (06/02/2020). (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed