Tue. Oct 20th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Hoax Covid-19, Polda Lampung Sudah Tangani 6 Kasus

2 min read

Terbaru Ditangkap di Waykanan

JARRAKPOSLAMPUNG – Sedikitnya enam kasus dan enam pelaku penyebaran berita bohong (Hoax) telah ditangani Kepolisian Daerah (Polda) Lampung yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 di Lampung.

Kasubdit V Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, Kompol Rahmad Mardian mengatakan, pihaknya telah melakukan penahanan terhadap pemilik akun facebook atas nama Amir Nasgor, yang dijemput dari Kabupaten Waykanan.

“Sesuai dengan nama akun dan gambar dan diakui oleh pelaku yang telah memposting hoax imbauan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terkait penutupan akses pintu masuk gerbang Pelabuhan Bakauheni, sudah kami amankan beserta barang bukti laptop dan hanphon,” kata Kompol Rahmad, Minggu (05/04/2020).

Pihaknya, lanjut Kompol Rahmad, akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan barang bukti. Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan terus bekerja untuk mengungkap siapa dalang dan tujuan postingan-postingan hoax tersebut.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotek) Provinsi Lampung, A Chrisna Putra membenarkan hal tersebut. Menurut Chrisna Polda saat ini sesang melakukan pendalaman terkait motif dan dalang penyebaran hoax tersebut.

“Pelaku tersebut diamankan pada Minggu (5/4) malam di Kabupaten Waykanan. Ini sudah yang keenam pelaku hoaks terkait corona ditangkap di Lampung,” kata Chrisna.

Chrisna meminta semua pihak untuk bersama-sama memerangi penyebaran berita-berita bohong di Provinsi Lampung.

Ia menambahkan, penyebar hoaks, dapat diancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE (UU ITE) .

Pelaku dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar, sebagaimana diatur dalam Pasal 45A ayat (1) UU No 19 tahun 2016.

Sebelumnya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta Kapolda Lampung untuk menangkap penyebar hoaks yang mengatasnamakan dirinya terkait penutupan akses pintu masuk gerbang Pelabuhan Bakauheni. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed