Tue. Sep 15th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Ike Edwin Melenggang, Firmansyah Gagal

2 min read
Firman : Ini ketentuan Allah

JARRAKPOSLAMPUNG – Pasangan Bakal Calon Walikota Bandarlampung melalui jalur perseorangan (Independen) Ike Edwin dan dr Zam Zanariah dipastikan melenggang dan dapat melanjutkan tahapan Pilwakot Bandarlampung. Sementara pasasangan Firmansyah dan Bustomi gagal, lantaran tidak melengkapi kekurangan jumlah dukungan.

Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedi Triyadi mengatakan, dari jumlah dokumen perbaikan 54.450 yang diserahkan oleh bakal pasangan calon perseorangan ke pihaknya, berkas dukungan yang lengkap yakni sebanyak 52.658.

“Berdasarkan jumlah dokumen dukungan yang lengkap melebihi batas minimal yakni 50.034 mereka berdua dapat melaju ke tahap selanjutnya yaitu verifikasi administrasi 28 Juli hingga 4 Agustus 2020,” kata dia, Selasa (28/07/2020).

Pleno berpaikan syarat dukungan calon perseorangan.

Sedangkan, untuk bakal pasangan calon perseorangan Firmansyah-Bustomi, tidak bisa melanjutkan tahapan untuk melaju sebagai kontestan pilkada serentak 2020 di Kota Bandarlampung sebab dokumen dukungan perbaikan mereka tidak mencukupi batas minimal.

“Firmansyah-Bustomi menyerahkan berkas dukungan perbaikan ke KPU sebanyak 55.555 dan setelah diteliti dokumen yang lengkap hanya sekitar 46.518 dan ada sekitar 9.000 dokumen yang tidak lengkap, sedangkan jumlah minimal berkas yang harus mereka penuhi dalam perbaikan yakni 53.210,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya KPU Bandarlampung telah memberikan waktu kepada mereka untuk memperbaiki dokumen perbaikan sampai Senin (27/7) hingga pukul 00.00 WIB, namun sampai waktu tersebut tim dari Firmanyah-Bustomi tidak memberikan konfirmasinya sehingga dianggap tidak bisa melanjutkan tahapan.

Sementara itu, Anggota KPU Kota Bandarlampung Divisi Teknis Penyelenggaraan, Fery Triatmojo, mengatakan bahwa berdasarkan penelitian berkas yang diteliti oleh pihaknya berkas dukungan perbaikan bakal pasangan perseorangan Ike Edwin-Zam Zanariah yang tidak lengkap sebanyak 1.792.

“Dokumen yang tidak lengkap tersebut tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi karena tidak ada surat pernyataan atau B1 KWK,” jelasnya.

Sementara itu, bakal pasangan calon perseorangan Ike Edwin-Zam Zanariah merasa bersyukur karena dengan dinyatakan berkas dukungan perbaikannya memenuhi batas minimal yang ditentukan mereka dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

“Tentunya kita bersyukur karena dengan ini dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya, dan kami siap berjuang dan mengikuti tahapan-tahapan berikutnya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Firmansyah mengaku menerima keputusan KPU dan menganggap semua sudah ketentuan Allah. “Ini adalah hasil terbaik. Mudah-mudahan keberadaan kami ini bisa memberikan warna tersendiri pada konstelasi pilkada kali ini,” ujar Firmansyah. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752