Thu. Sep 24th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Incar Kursi Pimpinan, Ipi dan Miko Satu Visi

2 min read

Jelang Musda KNPI, Kandidat Terus Bermunculan

JARRAKPOSLAMPUNG – Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lampung yang digelar ahir Desember 2019 mendatang nampaknya akan berlangsung semarak. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya Bakal Calon (Balon) ketua bermunculan.

Dari pantauan jarrakposlampung.com, setidaknya sudah empat kandidat yang menyatakan niat akan maju memperebutkan kursi pimpinan organisasi kepemudaan tersebut.

Dua diantaranya adalah Matrohupi dan Mursaidin Al Bantani, yang keduanya memiliki visi terkait kemandirian organisasi.

Melalui surat elektronik yang diterima jarrakposlampung.com, Rabu (04/12/2019), pria yang beken disapa Bang Ipi itu mengatakan, jika dirinya memiliki beberapa konsep yang akan menjadi trobosan bagi organisasi yang termaktub dalam GBHN itu.

“Pemuda Lampung harus Mandiri, Kreatif, dan ber akhlaqul karimah,” kata Demisioner KNPI Pesawaran itu.

Pemuda dalam memimpin, lanjutnya, harus memiliki terobosan yang kreatif. Gerakan pemuda tentu tidak boleh hanya ikut-ikutan. Sebagai contoh, lanjut bang ipi, sebagai Pemuda, tentu harus memiliki kemandirian, independen, dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kepentingan pemuda.

“Pemuda harus menunjukkan kemampuannya dalam memberikan ketauladanan terhadap masyarakat di Lampung, nilai nilai akhlaqul karimah harus tercermin dari sosok calon ketua KNPI Lampung.

“Yang paling utama persoalan Akhlaq. Calon pemimpin KNPI Lampung harus berakhlaq, dan harus cinta tanah air. NKRI Harga Mati,” tegas Bang Ipi.

Lebih lanjut, mantan ketua DPD KNPI Pesawaran ini menilai, pentingnya mengajak semua elemen Pemuda di Lampung untuk segera bangkit dan responsif terhadap semua perubahan

Akan tetapi, ulas Bang ipi, perubahan dalam bentuk apapun di era saat ini, pemuda harus tetap memiliki komitmen dalam menjaga keutuhan bangsa.

Sejarah, menurut Bang ipi, sudah membuktikan bahwa keragaman suku agama dan budaya di Indonesia, justru sudah menjadi petekat utama Kesatuan bangsa.

“Jangan sampai kita terjebak dengan gaya politik identitas, yang sudah mempertuhankan symbol, sehingga lupa dengan siapa yang seharusnya kita sembah.”

Hari ini, terusnya, bangsa kita sudah dihadapkan dengan gerakan yang merongrong persatuan, sudah ada upaya yang masif untuk memecah belah bangsa.

Kita sudah dibuat lupa, bahwa bangsa ini ditegak kan atas dasar kebhinekaan.

“Saya berharap, kita kembali ke khittah, bahwa perbedaan suku, ras, dan agama, merupakan perekat utama bangsa ini. Inilah ciri Pemuda Nusantara”

Sebelumnya, Mursaidin Al Bantani juga menyatakan kesiapannya untuk maju memperebutkan posisi pucuk pimpinan pada Musda KNPI Lampung.

“Visi saya kedepan ingin mewujudkan KNPI organisasi pemuda yang mandiri, kuat dan mengayomi dan Misi saya akan mendorong lahirnya generasi muda yang profesional, unggul dan berkelakuan baik,” kata pria yang akrab disapa Miko itu.

Momentum Musda, lanjut Miko, adalah moment dimana para pemuda bersatu dan bangkit untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi niat para dewan pendiri KNPI demi kesatuan dan kesatuan bangsa.

“Maju dan mundur suatu negara sangat bergantung kepada para pemuda, apalagi di era globalisasi dan digital seperti zaman sekarang, mari kita rapatkan barisan,” pungkasnya. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *