Fri. Sep 18th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Iqbal : Pilkada Sukses Jika Tingkat Partisipasi Masyarakat Meningkat

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Hadir sebagai Narasumber dalam acara dialog Demokrasi yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bandar Lampung (UBL), Iqbal Ardiansyah ketua DPD KNPI Kota Bandarlampung itu pertegaskan soal esensi dari Demokrasi.

Menurut Iqbal, pesta demokrasi bisa dikatakan sukses jika tingkat partisipasi masyarakat meningkat meski pilkada digelar di tengah pandemi. Sebab, kata dia, demokrasi itu kedaulatan rakyat (popular sovereignty), maka jika tingkat partisipasi rendah dimana bentung kedaulatannya.

“Penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi covid-19 ini harus benar-benar diperhatikan, terutama soal edukasi politik yang harus di realisasikan secara nyata oleh penyelenggara, maupun kontestan kepada masyarakat, agar tingkat partisipasi masyarakat bisa maksimal,” kata Iqbal, Kamis (02/07/2020).

Bakal calon Wali Kota Bandar Lampung, Firmansyah dan Ike Edwin, saat mengikuti Dialog Demokrasi di yang diselenggarakan BEM UBL, Kamis (02/7/2020).

Edukasi politik yang perlu tersampaikan kepada masyarakat tersebut, lanjut Iqbal, bukan total bicara soal teknis, meskipun ditengah pandemi penyelenggaraan pilkada tidak boleh keluar dari makna penyelenggaraan pilkada itu sendiri, yakni Jurdlil dan Luber bisa berjalan jika edukasi politik berjalan, dan bukan soal kampenye teknis saja, pemahaman soal demokrasi pun harus jelas di kepala masyarakat.

“Jika edukasi politik tersebut tidak dilakukan, jelas akan berdampak pada persoalan penting, seperti tingkat partisipasi masyarakat yang rendah, resiko money politics yang tinggi, pilkada ini bukan hanya soal menang kalah, karena pilkada bukan agenda ceremoni,” tuturnya.

Di masa normal, kata dia, tingkat partisipasi masyarakat hanya mencapai kisaran dibawah angka 70 persen. Nah, bagaimana dengan tingkat partisipasi masyarakat di tengah pandemi covid-19 ini?

“Di sini lah peran penting edukasi Politik yang harus dilakukan oleh penyelenggara maupun kontestan,” ungkap dia.

Dalam kesempatan dialog itu juga, Iqbal Ardiansyah menyatakan bahwa, mewakili pemuda kota Bandarlampung dalam hal ini DPD KNPI Kota Bandarlampung akan melakukan konsolidasi dalam rangka upaya memberikan edukasi politik kepada masyarakat, sesuai tagline kata Iqbal “Selamatkan Pemuda Dengan Pilkada Bersih”.

Iqbal juga mempertegas, jika kita semua termasuk penyelenggara menginginkan partisipasi yg meningkat, serta money politik yang semakin rendah dan kesehatan yang terjaga maka jalannya tidak ada lain yaitu edukasi politik yg maksimal oleh seluruh komponen, termasuk penyelenggara.

“Beberapa kali kami melakukan diskusi dengan OKP Se-kota Bandarlampung dan kami siap mengawal dan mentau jalan nya pilkada 2020 ini,” pungkasnya. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752