November 27, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Kadis Terkesan Remehkan Dewan, RDP BMBK Dengan Komisi IV Ditunda

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga, Mulyadi Irsan hanya bisa tertunduk, ketika para anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung mengungkapkan kekecewaan mereka.

Baginana tidak, setelah beberapa kali tertunda Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang semestinya membahas karut marutnya persoalan di Bina Marga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut justru terkesan meremehkan Komisi IV.

“RDP terpaksa ditunda Senin (03/02/2020) pekan depan. Kadis Bina Marga justru tidak membawa perangkat dibawahnya. Padahal justru kami ingin mendengar persoalan karut marut sampai ke jajaran paling bawah. Bila perlu Kepala UPTD juga dibawa,” kata Anggota Komisi IV, Soni Setiawan kepada jarrakposlampung.com, Senin (27/01/2020).

Selain tidak mengikut sertakan personilnya Eselon III dan IV, lanjut Soni, Kadis Bina Marga juga tidak membawa data yang lengkap.

“RDP ini sudah tertunda beberapa kali, seharusnya kepala dinas sudah menyiapkan data yang diperlukan. Kok seperti main-main mereka ini,” ujar Soni.

Padahal, lanjut Soni, pihaknya akan mencecar Bina Marga tentang banyak hal, mulai dari persoalan pembangunan hingga temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Ya, ini kan untuk evaluasi anggaran APBD 2019 serta pembangunan di 2020. Mestinya rekanan pemenang juga didatangkan,” tegas Anggota FPKB itu.

Suasana hearing Komisi IV DPRD Lampung

Ungkapan kekecewaan juga diucapkan, Iswan Hamdi Cahya, yang menilai Kadis tidak cakap dalam memimpin OPD.

“Seharusnya ketika mau berangkat dia kan (Kepala Dinas-Red) bisa tanya dulu kepada staf nya apa saja yang harus dipersiapkan, jangan dianggap dirinya one Man show (bekerja sendiri). Jika begini kan menunjukan kepemimpinan yang tidak cakap,” kata Hamdi.

Diberitakan sebelumnya, Komisi IV DPRD Lampung akan mempertanyakan penyelesaian ahir temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan keuangan Dinas Bina Marga yang terindikasi merugikan negara, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) pukul 13.30 WIB, Senin (27/01/2020).

“Ya, kita sudah jadwalkan RDP dengan Bina Marga hari ini (Senin 27/01/2020). Banyak yang akan kita pertanyakan, utamanya terkait temuan BPK beberapa waktu lalu,” kata anggota Komisi IV DPRD Lampung, Soni Setiawan.

Selain berkaitan dengan data BPK RI tersebut, pihaknya juga akan meminta pertanggungjawaban Dinas Bina Marga terkait keluhan masyarakat terhadap kualitas pembangunan beberapa ruas jalan provinsi.

“Banyak laporan yang masuk ke kami juga berkaitan dengan pembangunan beberapa ruas jalan provinsi yang disinyalir tidak sesuai dengan aturan yang ada,” tambah Soni.

Diketahui, Komisi IV menemukan beberapa persoalan di Dinas Bina Marga terkait keluhan masyarakat terhadap kualitas pembanguna jalan provinsi, diantaranya di Tulangbawang Barat dan Waykanan. (tim)

Editor: arie

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed