October 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Kawal Natal dan Tahun Baru, Banser Kerahkan 500 Personil

2 min read


JARRAKPOSLAMPUNG – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kota Bandarlampung, mengerahkan 500 personelnya untuk mengamankan perayaan ibadah malam Natal dan Tahun Baru di Kota Tapis Berseri.

“Kita siapkan 150 personel Banser untuk membantu pihak keamanan di Bandarlampung untuk mengamankan jalannya ibadah Natal dan Tahun Baru. Kami juga komunikasi dengan Pimpinan Cabang lainnya, seperti Metro dan kabupaten/kota lainnya. Sedikitnya 500 personil diaiapkan,” kata Ketua PC GP Ansor Kota Bandarlampung Agung Zawil ditemui jarrakposlampung.com, Selasa (24/12/2019).

Prinsipnya, tambah Agung, pihaknya siap membantu pihak keamanan (TNI dan Polri) dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kami terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri,” ujarnya.

Suasana di Gereja Kantegral Kristus Raja, Bandarampung, Selasa (24/12/2019).
(foto: abdul harist alhamam)


Senada, Komandan Satuan Koordinator Cabang (Satkorcab) Banser Kota Bandarlampung, Mamat Pribadi mengatakan, sejumlah personel yang dikerahkan akan ditempatkan di semua gereja di Bandarlampung baik gereja Katolik maupun gereja Protestan yang ada di daerah itu.

“Kita tempatkan personil di setiap gereja utamanya di Gereja Kantegral, Ratu Damai dan Gereja ST Yohanes. Untuk gereja-gereja kecil lainnya, kami juga pantau dengan patroli,” kata Mamat.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, tambah Mamat, dilakukan oleh Banser sejak Senin (23/12/2019) malam bersama dengan anggota kepolisian dan TNI yang berjaga di pos-pos pengamanan.

“Untuk Banser sendiri posko utamanya di Kantor PC GP Ansor Kota Bandarlampung. Sejak Senin malam kami sudah mulai penjagaan, dengan mengisi di pos-pos pengamanan,” ujar dia.

Sementara personel pengamanan gabungan di pos pengamanan, tambah Mamat, jumlahnya akan disesuaikan dengan permintaan polisi satu pos Banser kurang lebih dua orang.

Dari pantauan tim jarrakposlampung.com di lapangan, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru sejumlah tempat ibadan umat kristiani sudah mulai ramai.

Di Gereja Katedral Kristus Raja misalnya, di Greja yang diperkirakan mampu menampung jemaat 1500-2000 orang itu, sedang dilakukan sterilisasi.

“Ya, saat ini sedang di sterilisasi, pukul 18.00 WIB mulai, kemudian 21.00 WIB. Besok 07.00 WIB sesuai pada jadwal yang sudah disiapkan,” kata Koordinator Bidang Besaksian (martyria), Petrus Sugondo.

loading...

Dewan PKB Suport Banser

Sementara, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPRD Bandarlampung, Mohammad Rolan Ulfa menyampaikan apresiasi dan suport penuh terhadap PC GP Ansor Kota Bandarlampung yang terus memupuk toleransi antar umat beraga di Kota Bandarlampung.

Sebagai organisasi pro toleransi beragama, yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU), memiliki peran penting dalam menjaga kebinekaan.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk sahabat Ansor dan Banser,” kata Rolan.

Salah satu contoh kesetiaan Ansor dan Banser dalam menjaga kebinekaan antarumat beragama, lanjut Rolan, ialah terlibat langsung mengamankan jalannya perayaan hari besar ibadah agama lain, secara kontinyu tiap tahun tanpa bayaran alias gratis.

“Tidak ada ceritanya Ansor dan Banser minta bayaran. Mereka ikhlas menjaga kerukunan sebagai wujud toleransi, tentu itu sebagai bentuk tanggung jawab moral warga NKRI,” pungkasnya. (ris)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed