Sun. Sep 20th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Ketua IKA PMII Lampung : Peserta Didik Bukan Kelinci Percobaan!

2 min read
Terkait Wacana Penerapan New Normal di Sekolah

JARRAKPOSLAMPUNG – Sepekan terakhir istilah ‘New Normal’ menjadi topik hangat dalam setiap perbincangan. Terlebih muncul wacana pemerintah pusat akan menerapkan skema tersebut di dunia pendisikan, meski banyak kalangan menilai kasus baru Virus Corona (Covid-19) di Indonesia menunjukkan kurva yang terus menanjak.

Menggapi hal tersebut, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lampung, Noverisman Subing menuturkan, sebaiknya penerapan New Normal dirumuskan secara matang dan harus dipastikan kesiapannya, terlebih penerapan di dunia pendidikan.

“Tentu kita semua menyadari, kehidupan New Normal memang harus berjalan, termasuk di dunia pendidikan. Akan tetapi perlu kecermatan dan kehati-hatian. Perlu persiapan yang matang, jangan sampai ada kesan menjadikan peserta didik sebagai kelinci percobaan,” kata Anggota Fraksi PKB Lampung itu, Minggu (31/05/2020).

Dunia pendidikan, lanjut Nover, di Indonesia pun beragam. Mulai dari Pondok Pesantren yang tradisional sampai sekolah negeri yang moderen. Kebutuhannya pun sangat beragam, mulai dari yang serba ada sampai yang serba terbatas.

“Khusus Ponpes, kita semua tahu kondisinya. Maka penerapan New Normal di dunia pendidikan tidak bisa dipukul rata. Harus ada formulasi khusus bagi Pondok Pesantren,” tuturnya.

Tidak hanya formulasi, tambah Nover, pemerintah pun harus menyediakan fasilitas yang mumpuni, terutama yang berkaitan dengan protokeler kesehatan. Sperti ruangan kelas sampai kamar tidur, khusus bagi santri mukim.

Sementara untuk sekolah negeri dan sekolah moderen lainnya, jelas dia, harus benar-banar diperhatikan mulai dari peserta didik berangkat dari rumah sampai kembali lagi kerumah.

“Pemerintah harus merumuskan secara detail dan seluruh pelaksananya mesti memahami secara komprehensif, agar apa yang menjadi kekhawatiran tidak terjadi,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752