April 15, 2021

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Konferensi pers Petisi Rakyat Papua wilayah Timika.

2 min read

Jakarta, Balapatti.com – Pada hari sabtu 9 Januari 2021 pukul 11.10 wit bertempat di Mimika telah didapatkan video Konferensi Perss Petisi Rakyat Papua wilayah Timika yang disampaikan oleh KNPB Timika dan dibacakan Yanto Debior Awerkion didampingi oleh 5 orang simpatisan, inti dari konferensi perss tersebut adalah menolak kelanjutan Otonomi khusus dan menginginkan referendum atau merdeka, video konferansi perss tersebut disebarluaskan melalui jejaring sosial YouTube dan Mambruk Papua.

Adapun isi dari konferensi perss tersebut adalah sebagai berikut .

loading...

Salam pembebasan Papua Barat, bagi rakyat Papua yang kami kasihi.
Kami dari Petisi Rakyat Papua wilayah Timika, melakukan konferensi perss pada tanggal 8 Januari 2021.

Kami melihat dinamika politik perkembangan Otonomi khusus yang sedang berkembang diwilayah bahkan dinasional, otonomi khusus ditanah Papua telah berlangsung sejak tahun 2001 hingga tahun ini, beragam pasal dan ayat yang mengatur tentang keberpihakan diatur dalamnya yang telah dilaksanakan mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi hingga pembangunan infrastruktur namun faktanya menarik yang muncul adalah otonomi khusus bagi provinsi papua yang berjalan selama ini dinyatakan gagal dari berbagai aspek yang telah dikhususkan tersebut.
Sudah 19 tahun otononi khusus bergulir ditanah papua namun tak menjawab apa yang menjadi keinginan Jakarta terhadap rakyat papua, sebab tuntutan rakyat papua sebagaimana awal akhirnya kebijakan otonomi khusus ditanah papua yakni rakyat papua ingin berdaulat penuh atas tanah airnya atau merdeka.
Melihat dinamika diatas kami gerakan rakyat papua mulai dari organisasi politik papua merdeka, organisasi sektoral, organisasi-organisasi mahasiswa, organisasi paguyuban lembaga adat dan lainnya sebanyak 102 organisasi, menyatakan sikap :

_Petisi Rakyat Papua adalah manifestasi sikap politik rakyat West Papua yang telah menolak keberadaan dan keberlanjutan Otonomi Khusus di West Papua.

_Petisi Rakyat Papua akan mengawal sikap rakyat West Papua untuk memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri secara damai dan demokratis.

_Kami bersepakat untuk melanjutkan penggalangan Petisi Rakyat Papua untuk tahapan kedua.

_Kami menolak segala bentuk kompromi dan representasi politik diluar dari sikap rakyat Papua melalui Petisi Rakyat Papua.

_Kami mendesak Jakarta menghentikan pembahasan revisi Otonomi Khusus dan mendengar sikap dan tuntutan rakyat West Papua melalui Petisi Rakyat Papua.

_Kami berkomitmen untuk mendorong Persatuan Demokratik dalam Perjuangan Pembebasan Nasional West Papua.

_Tutup PT. Freeport milik imperalisme Amerika Serikat yang dalang kejahatan kemanusiaan di west papua.

_Segera kembalikan mama mama pengungsi Waa Tembagapura dikampung halamannya.

Timika 8 Januari 2021
Jubir PRP Pusat
Samuel Awom – Juru Bicara PRP Dalam Negeri
Victor Yeimo – Juru Bicara PRP Luar Negeri

Petisi Rakyat Papua bisa diikuti di:
@Facebook : Petisi Rakyat Papua
@Twitter : Petisi Rakyat Papua
@Instagram : Petisi Rakyat Papua Barat
@YouTube : Petisi Rakyat Papua Barat

Petisi Rakyat Papua (PRP) dan Mogok Sipil Nasional (MSN) dimotori oleh KNPB, apabila pergerakan ini dibiarkan akan dapat memicu gejolak sosial di Papua.

Tuntutan agar masyarakat Waa Banti Tembagapura agar segera dikembalikan kekampung halamannya adalah mempermudah KKSB untuk mendapatkan dukungan logistik dari masyarakat dan sebagai tameng hidup apabila terjadi kontak dengan apkam.

K89YL99

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed