November 27, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Kuliyah Tak Efektif Saat Pandemi, Mahasiswa UMM Tolak Bayar SPP

2 min read
Audiensi Deadlock, Mahasiswa Ancam Demo

JARRAKPOSLAMPUNG – Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) menolak untuk melakukan pembayaran uang kuliyah penuh. Hal tersebut lantaran selama pandemi Covid-19 perkuliahan tidak berjalan efektif.

Untuk itu, Aliansi Mahasiswa UMM melakukan audiensi dengan Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III UM Metro terkait persoalan tersebut. Namun, pihak kampus menolak dan tetap mewajibkan mahasiswa untuk membayar SPP penuh sebagaimana situasi normal.

“Kami merasa ini tidak adil. Bagaimana mungkin, kami (mahasiswa) dibebankan membayar uang kuliyah secara penuh, sementara kampus tidak memenuhi kewajibannya secara penuh. Mengingat saat pandemi mahasiswa lebih banyak di rumah,” kata Perwakilan Aliansi Mahasiswa UMM, Candra, Kamis (25/06/2020).

Audiensi antara Aliansi Mahasiswa UMM dengan pihak rektorat menemui jalan buntu. Pihak rektorat tidak memenuhi tuntutan mahasiswa.

Menurut Candra, paling tidak pihak kampus merealisasikan tuntutan pihaknya sebesar 50 persen. Sebab, kata dia, mayoritas mahasiswa UMM adalah golongan menengah ke bawah.

“Jangan salahkan kami jika kami terpaksa melakukan aksi demo. Jika pihak kampus tetap memaksakan kehendak,” ujarnya.

Ada beberapa pertimbangan, lanjut Candra, mengapa pihaknya menuntut keringanan pembayaran uang kuliyah saat pandemi. Pertama, proses perkuliahan tidak efektif. Kedua, tidak adanya fasilitas kampus yang digunakan mahasiswa saat pandemi.

“Jadi kami menuntut hak kami sebagai mahasiswa. Kami juga meminta pihak kampus untuk transparan dalam pengelolaan keuangan kampus dan pengambilan kebijakan melibatkan perwakilan mahasiswa,” tegasnya.

Siketahui, pihak Rektortorat UMM bersikeukeuh tidak akan melakukan pengurangan uang kuliyah (SPP/SKS), dengan alasan jumlah mahasiswa UMM kurang dari 5000 mahasiswa, dan sumber dana utama kampus hanya dari SPP.

Bahkan, pihak rektorat mengancam agar mahasiswa tidak membuat kegaduhan dengan menuntut transparansi anggaran kampus. (***)

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed