Tue. Oct 20th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Lagi, 2 Jamaah Tabligh Positif Covid-19

2 min read

Asal Waykanan dan Lamteng

JARRAKPOSLAMPUNG – Dua orang lagi Klaster Gowa, Sulawesi Selatan menambah daftar panjang pasien positif Covid-19. Hari ini, Rabu (06/05/2020) satu jamaah tabligh asal Waykanan dan satu dari Lampung Tengah kembali dinyatakan positif terinfeksi virus mematikan itu.

TONTON VIDEO PENJELASAN LENGKAPNYA DI SINI

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, dr Reihana mengatakan, dua orang pasien dari delapan pasien baru di Lampung berasal memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan atau Klaster Gowa.

“Pasien nomor 56 adalah S (42) dan pasien nomor 58 AS. keduanya laki-laki. S dan AS sudah melakukan rapid test 28 April 2020 dan hasilnya reaktif (positif) dan dilanjutkan dengan pengambilan sweb, 5 Mei 2020 hasilnya sudah ada dan positif Covid-19,” kata Reihana dalam keterangan persnya via video, Rabu (06/05/2020).

Pasien nomor 56 dan 58 lanjutnya, tidak mengalami gejala apapun alias OTG dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Waykanan sekaligus Jubir Gugus Tugas, Anang Risgiyanto, membenarkan penambahan satu pasien baru.

“Bahwa informasi adanya 1 warga yang kembali terkonfirmasi positif sebagaimana yang dirilis Pemerintah Provinsi Lampung pada tanggal 6 Mei 2020 adalah benar,” ujarnya, Rabu (06/05/2020) sebagaimana dikutip rilis.id.

Pasien berinisial AS (36) itu merupakan warga Kecamatan Baradatu. Ia terdaftar sebagai peserta Ijtima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa.

Berikut riwayat lengkap perjalanan pasien AS:

Pada tanggal 21 Maret, AS datang dari Gowa setelah mengikuti acara tabligh akbar jamaah tabligh, dan melakukan pemeriksaan dengn hasil sehat, tidak ada keluhan. Menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Pada tanggal 25 Maret, AS kembali datang ke puskesmas karena mengeluh batuk, pilek, kemudian dirujuk ke RSUD Zapa. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, AS diperbolehkan pulang dan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah.

Pada tanggal 7 April, AS melakukan kontrol ulang ke RSUD Zapa dan dinyatakan sehat.

Pada tanggal 14 April, AS melakukan rapid test pertama dengan hasil non-reaktif.

Pada tanggal 20 April, AS menjalani rapid test kedua di Puskesmas Baradatu dengan hasil non-reaktif.

Pada tanggal 27 April, rapid test kembali bersama dengan orang-orang yang kontak erat dengan pasien PS yang sudah lebih awal terkonfirmasi positif Covid-19, dengan hasil reaktif.

Pada tanggal 28 Apri, dilakukan pengambilan PCR swab/sputum pertama di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (Zapa) dan sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Lampung untuk dikirim ke BBLK Palembang.

Pada tanggal 29 April, dilakukan pengambilan PCR swab/sputum kedua di RSUD Zapa dan sampel. Sambil menunggu hasil pemeriksaan swab, AS dianjurkan isolasi mandiri di rumah.

Pada tanggal 6 Mei, AS terkonfirmasi positif Covid-19. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed