Thu. Sep 17th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Luncurkan IKP Pemilu 2020, Bawaslu Pesawaran Susun Strategi Pengawasan

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada 2020 di Redtop Hotel Convention Center, Jakarta, Rabu (25/02/2020).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Makruf Amin, Kementerian dan Lembaga Negara terkait serta Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten se Indonesia.

Dalam Sambutannya Wakil Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada harus berjalan damai dan saling menjaga. “Negara ini dibangun dengan kesepakatan bersama, konsensus bersama. Perbedaan pilihan politik itu biasa, Kita harus bisa saling menjaga, saling menghormati,” pesan beliau.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan menyampaikan bahwa IKP adalah bagian dari ikhtiar maksimal Bawaslu sebagai upaya pencegahan akan potensi pelanggaran. “Ini merupakan Ikhtiar maksimal kita untuk mencegah potensi pelanggaran pada pilkada nanti,” ucapnya.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando yang juga hadir dalam acara peluncuran tersebut mengatakan, bahwa IKP ini adalah hasil research Bawaslu RI yang didasarkan pada lima dimensi. Dimensi Konteks Sosial Politik, Dimensi Pemilu yang Bebas dan Adil, Dimensi Kontestasi, dan Dimensi Partisipasi.

Ia mengatakan, IKP yang diluncurkan tersebut memberikan informasi kepada masyarakat secara umum, terkhusus kepada jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Pesawaran terkait potensi pelanggaran Pilkada 2020.

“Ya, ini bentuk informasi kepada kita semua, agar kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah sejak dini,” kata pemilik sapaan akrab Ijul itu.

Kabupaten Pesawaran, jelas Ijul, berada pada level rawan sedang, dengan skor 56,34. Karenanya, kata dia, hal tersebut menjadi tantangan bagi pihaknya dalam menyusun strategi pengawasan secara maksimal.

“Pesawaran berada pada urutan 51 dari 261 Kabupaten Kota, ini harus kita lihat secara positif. Kami akan menyusun strategi pengawasan dan pencegahan secara maksimal agar Pilkada Pesawaran dapat berlangsung dengan baik,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752