Thu. Sep 17th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Maju Pilkada Pesawaran, Panglima Santri Tawarkan Rumah Sembako

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Prihatin akan kondisi ekonomi masyarakat Pesawaran yang persentase tingkat kemiskinannya lebih tinggi dibanding persentase angka kemiskinan skala nasional. Aktivis Desa, Edy Sudrajat akan berupaya keras untuk memperjuangkan tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

“Salah satu yang memotifasi saya maju Pilkada adalah jeritan masyarakat yang saat ini kehidupannya kurang beruntung. Karenannya kedepan saya ingin ada Rumah Sembako di Pesawaran,” kata pria yang sempat dinobatkan sebagai Panglima Santri itu, Kamis (21/11/2019).

Apa itu Rumah Sembako? Edy menjelaskan, Rumah Sembako adalah sebuah program yang akan menjadi fokusnya dalam upaya penanggulangan kemiskinan di kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama itu.

“Rumah Sembako itu program. Persoalan bagaimana teknisnya, nanti kita akan libatkan akademisi untuk merumuskannya,” jelas Edy.

Penjelasan singkatnya, tambah Edy, Rumah Sembako ini nantinya sebagai lumbung desa yang menampung hasil panen yang kemudian digunakan untuk kepentingan ekonomi saat paceklik. Selain kerjasama dengan pemerintah, misalnya dengan Bulog.

“Intinya kedepan saya ingin masyarakat khususnya emak-emak tidak merasakan perihnya paceklik,” tegas Edy.

Selain Rumah Sembako, lanjut Edy, dirinya juga akan memperjuangkan realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp2 milyar, dan pencitaan lapangan kerja baru.

“Program-program ini sangat mungkin untuk diwujudkan. Tinggal pemerintahnya mau atau tidak. Karenannya jika saya yang berada dipemerintahan saya pastikan ini berjalan,” tegasnya.

Dikatahui, data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, menunjukkan persentase kemiskinan di Kabupaten Pesawaran lebih tinggi dibandingkan nasional. Tingkat kemiskinan nasional berada pada persentase 9,66 persen, dengan jumlah penduduk miskin sebesar 25,67 juta jiwa. Sementara jumlah penduduk Kabupaten Pesawaran sebesar 435.827 jiwa dan penduduk miskin sebesar 71.640 jiwa atau 16,43 persen pada tahun 2017 (BPS, 2018).

Diberitakan sebelumnya, Edy memantapkan niat untuk maju Pilkada Pesawaran 2020 mentang dengan tagline ‘Pesawaran Bermartabat’.

“Bermartabat itu kan artinya kita punya harga diri. Harga diri Pesawaran harus dimulai dari rasa aman warganya, sejahtera hingga prestasi,” urai Edy Sudrajat.

Pria yang akrab disapa panglima tersebut merumuskan, ada lima poin untuk Pesawaran Bermartabat yakni mengurangi angka pengangguran, memperbaiki kualitas infrastruktur, sistem pendidikan yang cerdas, layanan kesehatan yang berkualitas dan peningkatan daya saing masyarakat seperti kedaulatan pangan.

“Banyak harapan masyarakat soal lapangan kerja. Untuk itu pentingnya membentuk balai latihan kerja, program magang pekerja usia muda, meningkatkan entrepreneur, pengusaha muda,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, dirinya mohon doa kepada masyarak Pesawaran agar niat baiknnya tersebut dapat terwujud. “Saya mohon doa dukungan seluruh elemen masyarakat Pesawaran agar niat saya untuk maju Pilkada dapat dilancarkan,” pungkasnya. (ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752