December 1, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Manfaatkan Halaman dan Lahan Tidur Jadi Ruang Produktif

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Tim Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dari CV Nusantara kembali turun kelapangan guna memberikan jasa layanan teknis secara lebih berkualitas.

Kali ini Tim Ahli dari CV Nusantara, Siti Khoiriyah tiba di Desa Bagelen, Gedongtataan, Pesawaran. Di Desa transmigran tertua di Lampung itu, Khoir –sapaan akrabnya– bersama Tenaga Ahli Pendamping Desa memetakan beberapa potensi desa, diantaranya pemanfaatan halaman dan lahan menjadi ruang produktif.

loading...
Salahsatu rumah warga yang sudah manfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam.

Menurut Khoir, Desa Begelen memiliki potensi alam yang kaya, sumber daya manusia yang amat banyak. Tetapi apakah sebanding dg produktifitas dilingkungannya?

“Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah desa untuk menghadirkan inovasi di desanya. Ya, tentu bersama CV. Nusantara dalam merealisasikan inovasi dengan meningkatkan kapasitas kelompok tani yang ada,” kata Khoir melaui surat elektroniknya yang diterima jarrakposlampung.com, Sabtu (28/12/2019) malam.

Sebagai langkah awal, kata Khoir, pihaknya mendorong agar halaman rumah dan beberapa lahan tidur dapat dimanfaatkan menjadi ruang produktif.

“Dengan memanfaatkan halaman dan pekarangan di sekitar tempat tinggal menjadi ruang yang produktif, bisa mendatangkan uang untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya,” tuturnya.

Khoir mencontohkan, panfaatan yang dimaksud adalah dengan menanam cabai di media tanam polybag atau sampah rumah tangga seperti plastik minyak kemasan dan sebaginya.

“Ini sangat berguna untuk mengembangkan budidaya cabai atau tanaman lainnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut Khoir,  CV Nusantara juga memfasilitasi agar memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami palawija dan tanaman buah seperti semangka dan bengkoang.

“Kedua tanaman buah ini tidak membutuhkan waktu tanam sampai panen terlalu lama. Semangka usia tanam hanya dua bulan dan Bengkoang empat bulan,” kata Khoir yang diamini oleh Ahli Holtikultura, Miskanto.

Penjabat sementara (Pjs) Kades Bagelen menyampaikan, novasi ini dilakukan dalam rangka mendapatkan tambahan pendapatan bagi para petani untuk memenuhi kebutuhan dan pengembangan usaha holtikultura yang warga tekuni.

“Ini komitmen kami dalam mengembangkan pertanian holtikultura didesa,” tukasnya. (lis)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed