Tue. Sep 29th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Mengalami Gejala Covid-19, Takut ke RS? Pakai Aplikasi Ini Aja!

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Perusahaan Halodoc meluncurkan layanan konsultasi online terkait gejala dan penanganan Covid-19. Halodoc juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam merilis layanan ini. 

Dari penalaran Jarrak Pos Group, layanan konsultasi online tersebut melibatkan lebih dari 20.000 dokter berlisensi dari ekosistem Halodoc.

Pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami lewat “self-assessment” atau pemeriksaaan pribadi terkait Covid-19.

Apabila ditemukan adanya dugaan menderita Covid-19, pihak dokter dari Halodoc akan
melakukan penanganan dengan cara meminta pengguna untuk tetap di rumah, menerapkan isolasi, dan mengirimkan obat sesuai resep yang akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

Namun jika pengguna membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, nantinya mereka akan dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditentukan.

“Sistem pemeriksaan awal kami akan membantu menyaring masyarakat dengan risiko Covid-19 rendah, medium, hingga tinggi. Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis,” ungkap CEO Halodoc, Jonathan Sudarta dalam artikelnya yang dipublikasi pada aplikasi.

Mitra dokter Halodoc juga telah mendapatkan pelatihan dan dibekali pengetahuan yang memadai berdasarkan anjuran pemerintah dan WHO mengenai Covid-19 agar dapat memberikan konsultasi yang tepat bagi pengguna.

Terkait hal ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Oscar Primadi menyebut bahwa inovasi ini dapat memperkuat upaya Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Solusi telemedicine yang ditawarkan sangat membantu sistem kesehatan Indonesia dalam menyaring pasien dengan risiko Covid-19. Halodoc memiliki akses untuk menyebarkan informasi dan edukasi pencegahan COVID-19 kepada puluhan juta masyarakat Indonesia,” ungkapnya sebagaimana dikutip beberapa media.

Meskipun aplikasi tersebut sangat membantu, redaksi jarrakposlampung.com tetap menyarankan untuk melaporkan kondisi para pembaca dan menceritakan riwayat kesehatan dan perjalanan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah tempat tinggal pembaca. Hal tersebut penting guna menanganan lebih lanjut dan ikhtiyar memutus mata rantai penularan Covid-19. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed