Sun. Oct 18th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Meski Pilkakon Ditunda, Honor Panitia Segera Dicairkan

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Meski penyelenggaraan pemilihan kepala pekon (Pilkakon) yang akan dikikuti oleh 770 calon kepala pekon, dari 220 pekon se-Tanggamus di tunda sampai waktu yang tidak ditentukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat tetap mencairkan honor bagi para panitia pelaksana Pilkakon.

“Ya, jadwal terkait mekanisme pencairannya sedang kami atur. Hal itu guna menghindari antrian. Sesuai anjuran kita harus menerapkan physical distancing,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pekon, Wawan Harianto, Kamis (02/04/2020).

Menurut Wawan, pencairan honor tersebut dilakukan di kecamatan masing-masing. Terkait teknis pencairannya akan diatur dengan penjadwalan.

“Nanti kita buatkan jadwal pengambilan ke masing-masing kecamatan, tujuannya untuk ketertiban, juga untuk menghindari keramaian, karena Bank Lampung saat ini membatasi pelayanan,” jelas dia.

Selain honor, jelas Wawan, juga ada angaran proses tahapan, yakni sesuai kebutuhan panitia pekon, makan minum rapat, alat tulis kantor dan lain-lain, terhitung sejak Januari hingga Maret 2020.

“Sisa dari jumlah pagu yang diangarkan untuk masing-masing pekon, akan dicairkan pada tahapan selanjutnya,” kata dia.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tanggamus menunda pelaksanaan Pilkakon. Keputusan penundaan sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) no 07 tahun 2020, tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, juga Surat Menteri Dalam Negeri No 141/2577/SJ tanggal 24/3/2020, tentang saran penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak, dan pemilihan kepala desa antar waktu. (sem/red)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed