Thu. Oct 15th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Nasib Esty Diputus Besok

2 min read

DKPP Gelar Sidang Putusan di Jakarta

JARRAKPOSLAMPUNG – Nasib Komisioner Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Lampung, Esty Nur Fatona akan diputuskan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI besok, Rabu (12/02/2020).

Esty terlibat kasus dugaan jual beli jabatan Komisioner KPU Kabupaten Tulang Bawang yang dilaporkan ke DKPP oleh Timsel Budiono melalui Kuasa Hukumnya Direktur LBH Bandarlampung, Chandra Muliawan.

Sesuai dengan Surat Panggilan Sidang DKPP RI Nomor: 0201/PS.DKPP/SET-04/II/2020 tertanggal 07 Februari 2020 dengan agenda Mendengarkan Pembacaan Putusan Perkara Nomor 329-PKE-DKPP/XII/2019 dengan teradu Anggota KPU Provinsi Lampung Esti Nur Fathonah.

Menurut Direktur LBH Bandarlampung, Chandra Muliawan pihaknya telah menerima surat dari DKPP terkait akan digelarnya sidang putusan.

“Sidang putusan akan dilaksanakan di Kantor DKPP RI Ruang Sidang lantai 5 di Jl. MH Thamrin No. 14, Jakarta Pusat yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Februari 2020 pukul 13.30 WIB,” kata Chandra, Senin (10/02/2020).

Diketahui, Esty Nur Fathona mendapat peringatan tertulis dari KPU RI melalui SK Nomor 3/HK-06.05-Kpt/05/KPU/I/2020 tentang Pemberian Sanksi Peringatan Tertulis dan Pembinaan kepada Anggota KPU Provinsi Lampung atas nama Esty Nur Fathona.

Sementara DKPP telah dua kali menggelar sidang pemeriksaan terkait perkara tersebut dan mendengarkan keterangan terlapor dan pelapor. Terahir, Senin (20/01/2020) DKPP menggelar rapat pleno mengenai tindak lanjut persoalan tersebut.

Anggota DKPP, Ida Budiarti mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan ada sidang lanjutan atau tidak, terkait adanya fakta baru dalam persidangan. Begitu pun terkait keputusan. Sebab, kata dia, pihaknya akan melaporkan terlebih dahulu hasil pemeriksaan kedua yang dilakukan dalam forum pleno di DKPP RI.

“Kami belum bisa menyampaikan dan tidak boleh juga mengira-ngira apa hasil putusannya. Fakta baru dalam persidangan menjadi catatan untuk dibahas dalam pleno DKPP RI,” tandasnya. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed