Mon. Sep 28th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Pemprov Sudah Pulangkan 1.647 TKI

1 min read

12 ABK Kapal MV Explorer Dream Dikarantina di Hotel

JARRAKPOSLAMPUNG – Sebanyak 1.647 Tenaga Kerja Indonesia atau Buruh Migran Indonesia telah dipulangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) selama pandemi Covid-19.

Menurut Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, hingga 28 April 2020 total 1.647 orang sudah di pulangkan. Semuanya, kata dia, dipastikan sehat sebelum kembali ke keluarganya masing-masing.

“Pada hari ini para pekerja migran Indonesia sejumlah 12 orang yang merupakan ABK Kapal MV Explorer Dream telah tiba di JICT II Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta dan sedang dalam proses pemulangan,” kata pemilik sapaan Nunik itu, Rabu (29/04/2020).

Saat ini, lanjutnya, ke-12 pekerja migran asal Lampung tersebut sedang diisolasi oleh Pemerintah di Hotel Sotis The Faletehan Hotel dan Ambhara Hotel di Jakarta.

Kesemuanya, lanjut dia, telah dilakukan rapid test oleh KKP Tanjung Priok dan dinyatakan negatif.

“Alhamdulillah mereka negatif, ” kata Nunik panggilan akrab Wagub Lampung.
Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa banyak pekerja migran asal daerah ini bekerja di luar negeri.

“Banyak sekali warga Lampung, terutama wanita yang bekerja di luar negeri, sehingga kami telah berkoordinasi dengan seluruh bupati dan wali kota untuk melakukan pengawasan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan melakukan pengawasan yang baik akan membantu mengantisipasi persebaran Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Pengawasan dilakukan untuk memastikan warga yang bekerja di luar negeri sehat, bila dinyatakan kurang sehat mereka akan dipulihkan dulu kesehatannya, baru dinyatakan boleh pulang ke Lampung,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed