November 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Pemudik Lokal Juga Wajib Isolasi Mandiri 14 Hari

1 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Sebagai ikhtiyar memutus mata rantai penularan Covid-19 di Provinsi Lampung, Pemrov Lampung juga mewajibkan kepada masyarakat yang melakukan mudik baik dari luar daerah maupun regional, untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim saat menyampaikan update situasi terkini Covid-19 di Lampung, di Posko Satgas Terpadu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, Senin (13/04/2020).

Menurut Nunik –sapaan akrab wagub–, isolasi mandiri selama 14 hari tidak hanya diwajibkan bagi pemudik dari luar daerah saja. Akan tetapi, kata dia, juga wajib bagi pemudik dalam daerah.

“Ya, ada benerapa pertanyaan yang masuk ke saya, apakah orang dalam pantauan (ODP) hanya bagi pemudik dari luar daerah? dan hanya pemudik dari luar derah yang wajib lapor dan isolasi mandiri. Saya sudah konfirmasikan ternyata pemudik dalam provinsipun masuk ODP, jadi wajib isolasi selama 14 hari,” kata Nunik.

Jadi pemudik dari Bandarlampung ke Pesisir Barat pun, kata Nunik, wajib lapor dan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Tidak berarti walaupun masih dalam provinsi tidak wajib lapor dan tidak masuk ODP. Tetap jadi ODP, jika melakukan perjalanan keluar daerah,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Nunik juga menginformasikan bahwa Pemprov telah membuka Poli Covid-19 di RSUD Abdoel Moeloek. Karenanya, kata dia, bagi masyarakat yang mengalami gejala suspect covid-19 dapat memeriksakan diri ditempat tersebut.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokoler kesehatan. Tetap mengenakan masker kain, lakukan physical distancing dan seterusnya,” tukasnya. (***)

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed