November 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Peringati Haul ke 10 Gus Dur, Klasika Gelar Dialog Lintas Iman

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Kelompok Study Kader (Kalasika), peringati Haul ke 10 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dengan menggelar ‘Dialog Lintas Iman’, Minggu 29 Desember 2019 di Rumah Ideologi Klasika.

Direktur Klasika, Ahmad Mufid mengatakan, Haul Gus Dur merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Klasika. Tema perbincangan yang dihadirkan juga tak jauh berbeda dengan misi perjuangan Gus Dur selama hidupnya, yaitu terkait toleransi, pluralisme, kebhinekaan, dan Kemanusiaan.

loading...

“Sepanjang tahun 2019 banyak muncul tindakan intoleransi di Indonesia. Salah satu faktornya adalah kembali mencuatnya politik identitas khususnya dalam momentum pemilu 2019 lalu,” kata pria yang beken disapa Bemol itu, dalam surat elektroniknya yang diterima redaksi jarrakposlampung.com, Sabtu (28/12/2019) malam.

Tentunya, lanjut Bemol, hal tersebut menjadi ancaman bagi kesatuan dan persatuan bangsa.

“Dalam rangkaian peristiwa intoleransi yang terjadi selama ini, masyarakat seolah kehilangan tauladan yang bebas dari kepentingan seperti KH Abdurrahman Wahid. Beliau adalah salah satu tauladan dalam merawat kebhinekaan dan kerukunan antar golongan,” paparnya.

Dialog Lintas Iman dengan tema Agama dan Kemanusiaan, lanjutnya, akan menghadirkan para bembicara lintas Iman, Agustinus Warso dari Katolik , Christya putra dari Protestan , Viriya Parama dari Budha, Ketut artaye dari Hindu, Khairudin tahmid dari Islam.

“Berita ini adalah undangan terbuka untuk para pembaca. Ayo Hadir!” ajaknya.

Dialog tersebut, tambah Bemol, akan melibatkan banyak pihak, baik dari kalangan agamawan, Budayawan, kepolisian, instansi pemerintahan, OKP, BEM, UKM Seni se-Lampung.

“Tujuannya, untuk mengurangi paparan paham intoleran yang menjangkiti anak muda. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kerukunan masyarakat di Lampung,” tukasnya.

Pimpinan Produksi Haul ke 10 Gus Dur, Yan Barusal mengatakan, selain di Klasika, peringatan Haul Gus Dur kali ini, pihaknya akan menggelar Tour ke beberapa lokasi.

“Kami akan road show ke Growinghope (Sekolah anak berkebutuhan khusus), beberapa Rumah Ibadah Lintas Iman di Bandarlampung dan perguruan tinggi di Lampung,” kata dia. (lis)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed