November 30, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

PKB Harus Menjadi Inisiator Pendidikan Politik

2 min read

Pilkada Harus menjadi Instrument Demokrasi yang Sehat

JARRAKPOSLAMPUNG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus mengambil peran dan menjadi inisiator dalam menyampaikan pendidikan politik kepada masyarakat. Demikian dikatakan Korwil Wilayah Barat Desk Pilkada DPP PKB Mas Yanuar Prihatin pada Rapat Koordinasi (Rakor) Desk Pilkada DPW PKB Lampung, Senin (09/12/2019).

Menurut Yanuar, Pilkada merupakan instrument penting dalam mewujudkan Demokrasi ditingkat lokal. Karenanya, PKB harus mengambil peran dalam pendidikan politik. Apalagi, kata dia, Lampung merupakan Provinsi yang sangat luar biasa dalam perolehan kursi pada pemilu 2019 Lalu.

“Jadi jika pada pilkada 2020 ini mengambil peran tentulah menjadi hal yang wajar. Untuk itu DPC dan DPW harus cermat memetakan situasi politik daerah-daerah yang mau Pilkada. Saya berharap, dalam Pilkada ini banyak kader-kader PKB yang maju menjadi Calon Kepala daerah atau wakil kepala daerah terutama di daerah-daerah yang menjadi basis PKB,” kata Wakil Ketum DPP PKB itu.

Untuk itu, lanjutnya, bukanlah hal yang berlebihan jika dibeberapa daerah yang mau Pilkada, PKB mendorong kader nya untuk maju sebagai Calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ada daerah-daerah yang masuk cluster Wajib, Sunah dan Mubah bagi PKB untuk mencalonkan kader.

“Pembagian cluster inilah yang akan menjadi bagian penting bagi PKB dalam memutuskan siapa yang akan diusung oleh PKB, baik sebagai Calon Kepala daerah maupun calon Wakil Kepala Daerah,” tuturnya.

Sebagai informasi, PKB dibeberapa Kabupaten yang mau Pilkada mendapatkan perolehan Kursi yang signifikan, terutama di Lampung Timur, Lampung Tengah, Pesawaran, Waykanan dan Pesisir Barat jika dilihat dari jumlah keseluruhan Kursi di DPRD.

Ditempat yang sama, ketua Desk Pilkada DPW PKB Lampung Hidir Ibrahim, M.Si mengatakan, bahwa DPC Kabupaten dan Kota sudah melaksanakan tahapan, mulai dari sosialisasi dan pendaftaran. Kendati demikian, masih ada beberapa tahap lagi yang akan dilakukan, salah satunya adalah survei. Survei ini, lanjut Hidir, akan menjadi masukan penting bagi PKB untuk menerbitkan rekomendasi PKB terhadap calon yang sudah mendaftar ke DPC PKB kabupaten dan Kota.

“Insya Allah Januari, tahapan selanjutnya yaitu survei akan dilaksanakan. Jadi bagi calon-calon kepala daerah atau calon wakil kepala daearah yang sudah mendaftarkan diri melalui Desk Pilkada PKB Kabupaten dan Kota untuk turun dan menyosialisasikan dirinya di masyarakat,” kata Hidir. (tim)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed