Sun. Sep 27th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Pol PP Diperintah Amankan Pilkada 2020

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengawal ketertiban dan keamanan Pilkada 23 September 2020 mendatang.

Instruksi Mendagri itu dibacakan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Satpol PP ke- 70 dan Satlinmas ke- 58 Tahun 2020 di PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Senin (09/03/2020).

“Satpol PP dan anggota Satlinmas kiranya dapat tetap memelihara serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi Iainnya seperti Jajaran Kepolisian maupun KPUD di wilayah masing-masing,” kata Arinal yang membacakan sambutan Mendagri Tito Karnavian.

Kesempatan tersebut, lanjut Arinal, agar dimanfaatkan untuk mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat agar Pilkada 2020 dalam kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI.

“Kerawanan yang perlu diwaspadai bersama dalam menghadapi Pilkada, seperti terkait keamanan, netralitas ASN, isu SARA dan politik uang. Diperlukan antisipasi dari semua pihak dalam menghadapi kerawanan tersebut,” kata dia.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat, tambah Arinal, diharapkan senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing.

“Seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara pada saat Pilkada Serentak tahun ini,” tuturnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat ini mengambil tema, Peningkatan Profesionalisme Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju.

Seperti diketahui, pemilihan Bupati/Walikota tersebut akan dilaksanakan serentak pada 270 daerah yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten, 36 Kota serta 1 Kota untuk pemungutan suara ulang. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed