October 24, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Puting Beliung di Tuba, 66 Rumah Rusak, 2 Orang Tewas

2 min read

Bupati Winarti Langsung Tinjau Lokasi

JARRAKPOSLAMPUNG – Tepat pukul 14.00 wib angin puting beliung yang menghantam wilayah Unit 2 Kabupaten Tulang Bawang meluluhlantakan setidaknya 66 rumah warga, dua orang luka berat dan dua orang dilaporkan tewas akibat tertimpa pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Kanedi menuturkan, angin puting beliung itu melanda tiga kampung di Kecamatan Banjar Agung, yakni Kampung Dwi Tunggal Jaya, Kampung Tri Tunggal Jaya, dan Kampung Tri Mulya Jaya.

“Sejauh ini tiga kampung itu yang terkena dampak paling berat,” kata Kanedi saat dihubungi, Rabu (20/5/2020) malam.

Tidak hanya rumah, angin puting beliung juga merobohkan sejumlah tiang listrik, yang mengakibatkan tiga kampung tersebut gelap gulita dan jaringan internet dan telepon pun terganggu.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro menambahkan, selain tiga kampung di Kecamatan Agung, satu kampung di Kecamatan Banjar Margo juga dilanda bencana angin puting beliung, yakni Kampung Purwa Jaya.

Akibat bencana yang terjadi pada Rabu (20/5/2020) sore itu setidaknya 66 rumah rusak berat dan 179 rumah rusak ringan.

“Untuk korban jiwa, data sementara korban meninggal akibat bencana berjumlah satu orang, luka berat lima orang, luka ringan satu orang dan satu hewan ternak tewas,” kata Andy.

Korban meninggal yaitu Kasiem (38) warga Kampung Tri Mulya Jaya, Kecamatan Banjar Agung. Korban tewas setelah tertimpa pohon yang tumbang akibat empasan angin kencang.

Adapun rincian kerusakan rumah yaitu, Kampung Tri Tunggal Jaya, rumah rusak berat (35 unit), rusak ringan (123 unit), luka berat (1 orang) dan 1 orang luka ringan.

Kemudian Kampung Dwi Tunggal Jaya, rumah rusak berat (19 unit), rusak ringan (34 unit), satu orang luka berat dan satu hewan ternak tewas.

Kampung Tri Mulya Jaya, rumah rusak berat (1 unit), tiga orang luka berat, dan satu orang meninggal dunia.

Kampung Purwa Jaya, rumah rusak berat (11 unit), rusak ringan (22 unit). Sedangkan korban luka berat, ringan maupun tewas nihil.

Bupati Tulangbawang, Winarti langsung turun meninjau lokasi bencana tersebut mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah cepat untuk meringankan beban warga.

“Saya sampaikan keprihatinan kepada masyarakat yang terkena musibah ini. Semoga tetap sabar, kita semua tentu tidak berharap bencana ini,” kata Winarti

Malam ini, lanjut Winarti, penanganan segera lakukan agar masyarakat terdampak puting beliung bisa istirahat. Sebab, kata dia, banyak rumah yang hilang atapnya.

“BPBD juga akan menyiapkan bantuan tempat tidur untuk beberapa warga sangat membutuhkan,” lanjut dia.

Tidak hanya itu, Winarti juga berjanji akan segera digulirkan seperti bantuan sembako. Terkait perbaikan berbagai kerusakan, Winarti mengatakan akan segera menggulirkan dana, setelah ada evaluasi dan laporan dari kepala kampung setempat, terkait jumlah pasti warga yang menjadi korban.

“Kita tunggu laporan kepala kampung tentang rumah yang rusak berat dan ringan. Semua kita atasi dengan gotong royong. Pemerintah secepatnya akan bantu yang bisa dibantu,” ujarnya.

Sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya kepada warga yang tertimpa musibah, Winarti memberikan bantuan langsung dari dana pribadinya kepada beberapa warga, terutama yang terdampak parah dari bencana puting beliung. (***)

PERISTIWA SEMPAT TEREKAM WARGA
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed