Wed. Sep 23rd, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Reihana : Rapid Test Hanya Untuk PDP!

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penangan Covid Covid-19 Privinsi Lampung yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr Reihana menekankan penggunaan rapid test diperuntukan hanya bagi Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Kita harus sama persepsi memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa rapid test itu digunakan bagi PDP. Nanti Kepala Dinas Kabupaten/Kota yang akan melihat berapa PDP di wilayahnya masing-masing,” kata Reihana saat penyerahan APD dan Rapid Test Covid-19 di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat (27/03/2020).

Reihana menyebutkan terhadap seluruh orang positif Covid-19 di Provinsi Lampung tersebut bukanlah transmisi lokal melainkan sesudah melakukan pertemuan-pertemuan di luar Provinsi Lampung.

“Orang positif tersebut itu bukan transmisi lokal, begitu kita anamnese Pasien Nomor 01 pertemuan di Bogor, kemudian Pasien Nomor 02 pertemuan di Jogja dan Pasien Nomor 03 berkontak dengan orang asing begitu pun yang 04 terinfeksi usai ikut kegiatan di Jakarta. Jadi kalau kita berdiam dan patuh dirumah Insya Allah kita akan terhindar dari virus tersebut,” tuturnya.

Dijelaskan Reihana, saat ini baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota terus melakukan proses Purchase Order (PO) atau pesanan pembelian terhadap APD dan pendukung lainnya.

“Jadi tidak berhenti sampai yang kita berikan hari ini tetapi kita masih terus berproses untuk PO alat-alat yang dibutuhkan,” jelas Reihana.

Saat ini, lanjutnya, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 23 orang, sedang dalam perawatan 17 orang, terkonfirmasi positif 3 orang dan negatif/sembuh 6 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 431 orang dan meninggal dunia nol.

Ia menyebutkan, data tersebut agar terus di-update setiap harinya melalui media sosial Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. “Insyaallah dengan kita bergotong royong pandemik Covid-19 ini bisa kita lalui secara bersama-sama,” katanya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *