Sat. Oct 17th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Ringankan Beban Rakyat ; KNPI Bagikan Beras, Dinsos Berikan Nasi

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Guna meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Lampung, khususnya di Kota Bandarlampung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemerintah Provinsi Lampung mempunyai cara yang berbeda.

Kemarin (Senin 13 April 2020) DPD KNPI Kota Bandarlampung dikomdoi Ketua Umumnya M Iqbal Ardiansyah kembali membagikan beras kepada warga di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sukarame, Tanjungsenang, dan Rajabasa.

“Sekecil apa pun yang kita lakukan akan sangat membantu mereka, terutama bagi masyarakat yang bekerja sebagai buruh harian lepas. Mereka ini lah yang paling terdampak,” kata Iqbal.

Sebelumnya, KNPI juga telah membagikan beras di sejumlah kecamatan lainnya. Iqbal mengatakan, total ada seribu karung beras dengan berat 5 kg yang dibagikan. Setiap keluarga mendapatkan satu karung beras.

Kegiatan bakti sosial itu akan dilakukan secara rutin selama terjadi pandemi Covid-19. Karena bagi kalangan masyarakat ekonomi ke bawah sangat akan terasa.

“Bakti sosial kita kali ini merupakan hasil pengumpulan donasi dari sejumlah jaringan KNPI Bandar Lampung,” ungkapnya.

Pembagian hasil donasi itu dilakukan dengan melakukan pendataan di setiap RT. Pendataan melibatkan organisasi KNPI hingga struktur paling bawah.

Dalam kegiatan tersebut, KNPI juga mengganden Ikamatika FMIPA Unila dan e-sport Indonesia Lampung.

Petugas Dinsos dan BPBD memberikan nasi kotak kepada masyarakat buruh harian lepas.

Sementara, Dinas Sosial Provinsi Lampung membagikan nasi sebanyak 1.200 kotak setiap hari selama 14 hari kepada pedagang, ojek online dan petugas garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Para Driver Ojol pun tak perlu lagi merogoh kocek untuk makan siang. Dinsos dan BPBD memberikan nasi kotak untuk pekerja jasa ojek daring harian itu.

Kabid Lindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Lamapung, Maria Tamtina mengatakan, pihaknya membagikan nasi kotak tersebut kepada masyarakat yang berhak menerimanya, dari tukang ojek, pedagang, sopir angkot, petugas pengamanan dan lainnya.

Berbeda dengan KNPI yang memfokuskan di wilayah Bandarlampung, Dinsos merambah keluar kota, seperti kawasan Hanura, Natar, Kemiling, Panjang, Itera, dan lainnya.

“Bantuan diberikan bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Tagana Korwil Lampung. Kita bagikan nasi 1.200 kotak setiap hari nya. Pada siang 600 kotak, dan sore hari sebanyak 600 kotak,” kata dia.

Maria menjelaskan, petugas yang bekerja di dapur umum sebanyak 30 orang dari Tagana dan Dinas Sosial Provinsi Lampung. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed