Mon. Sep 21st, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Seluruh OTG Akan Diisolasi di RSBNH

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Sebagai bagian dari ikhtiyar memutus mata rantai penularan Covid-19 di Lampung, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung merespon kegelisahan masyarakat terkait hanya isolasi mandiri bagi orang tanpa gejala (OTG) positif Covid-19.

Karenanya, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung akan membantu Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam rangka mengevakuasi para OTG agar di isolasi di Rumah Sakit yang telah ditetapkan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Sudarsono mengatakan, pihaknya akan membantu Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk mengevaluasi para OTG agar mau diisolasi di RS yang disediakan pemerintah.

“Ya, kami perintahkan kepala bidang dokter kesehatan (kabiddokes) membantu dinas kesehatan untuk mengawasi pasien OTG. Pasien OTG ini sangat membahayakan keluarganya sendiri, juga masyarakat,” kata dia usai mengikuti rapat percepatan pencegahan virus korona di Posko Gugus Tugas Covid-19 Lampung, Sabtu (02/05/2020).

Menurut Wakapolda, mesti dalam prosedur penanganan OTG diperbolehkan untuk isolasi mandiri. Namun, kata dia, hal tersebut dinilai sangat membahayakan, terlebih minimnya APD dan pengetahuan terkait Covid-19 bagi keluarganya.

“Mereka (OTG) harus disadarkan. OTG mrmang tanpak sehat tapi membahayakan orang lain,” tegas Sudarsono.

Diketahui, saat ini sebanyak 28 orang dinyatakan berstatus OTG, dan jumlah OTG terbanyak berada di Kecamatan Telukbetung Timur yakni berjumlah 9 orang, Enggal 6 OTG, Labuhan Ratu 5 OTG, Tanjungkarang Timur 4 OTG, dan Panjang 2 OTG.

Sedangkan Kedamaian, dan Sukarame masing-masing 1 OTG. Sementara, di 13 kecamatan lainnya hingga kini belum ditemukan OTG.

Dalam Rapat dipimpin Ketua Gugus Tugas Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Danrem 043/Gatam Kol Inf. Toto Jumariono bersma Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, berbagai masukan atas keresahan warga karena pasien OTG tidak diisolasi di rumah sakit, dan berpotensi menyebarkan virus di masyarakat.

Padahal pemerintah sudah menyediakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandar Negara Husada di Jati Agung sebagai tempat isolasi. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *