October 25, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Sosperda Perlindungan Anak, Azuwan Pastikan Hak Anak Terpenuhi

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung, Azuwansyah mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat agar hak anak dapat terpenuhi.

Hal tersebut ditegaskan Azuwansyah saat sosialisasi peraturan daerah (Sosperda) tentang Perlindungan Anak di Pekon Teba, Kotaagung Timur, Tanggamus, Minggu (23/02/2020).

Menurut Azuwan, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Anak adalah generasi penerus bangsa. Tentu, generasi penerus harus sehat, cerdas, ceria serta berbudi pekerti luhur,” kata Azuwan.

Belakangan, lanjut Azuwansyah, kekerasan terhadap anak masih saja terjadi. Tidak hanya itu, belakangan pencukikan anak dan perdagangan anak masih terjadi.

“Perda ini lahir sebagai perlindungan terhadap hak anak. Karenanya, Perda nomor 13 tahun 2017 ini harus dipahami secara konprehensif dan di implementasikan,” tuturnya.

Dikatakan Azuwan, Provinsi Lampung diharapkan menjadi Provinsi ramah anak, dan tidak ada lagi anak yang menjadi korban eksploitasi dan korban kekerasan.

“Anak harus kita lindungi bersama agar menjadi generasi penerus yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat bangsa dan negara,” tegasnya.

Dari pantauan, tujuh anggota DPRD Kabupaten Tanggamus asal PKB turut hadir dalam sosialisasi tersebut. Sejumlah tokoh pun tampak hadir, diantaranya Ketua MUI Tanggamus KH Wahid Zamas dan tokoh agama lainnya.

Senada, KH Wahid Zamas mengatakan, dalam Islam perlindungan anak sudah diatur sejak masih dalam kandungan. Bahkan, kata dia, Islam lebih detail dalam perkara pendidikan anak.

“Islam hadir sebagai rahmat bagi seluruh alam, termasuk anak-anak. Bahkan, agama mengatur hak anak lebih detil,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama (PEMNU) Talangpadang itu.

Sementara, Kepala Pekon Teba, Suherman mengaptesiasi kegitan yang digelar legislator tersebut. Dirinya berharap kedepan akan ada program yang lebih menyentuh ke masyarat.

“Saya sangat senang Pekon Teba jadi tuan rumah pelaksanaan Sosperda ini. Mudah-mudahan kedepan akan terus ada program semacam ini,” tukasnya. (tim)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed