December 2, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Tangkal Radikalisme, Ansor Balam Gelar Dialog

2 min read

JARRAKPOSLAMPUNG – Terorisme dan radikalisme yang belakangan ini marak terjadi di Indonesia, tidak lepas dari masih tingginya rasa kesukuan dan keagamaan yang melekat pada individu. Istilah mabuk agama, menjadi trand yang dinilai kurang tepat.

Demikian dikatakan, Ketua PC GP Ansor Kota Bandarlampung, Agung Zawil kepada jarrakposlampung.com, Jumat (07/02/2020) pagi.

“Ya, ideologi yang secara masif masuk dan didoktrinkan pada para remaja, menjadi semacam momok menakutkan. Karenanya, kami menilai dialog adalah salah satu metode pencegahan. Bukan soal pengetahuannya yang menjadi masalah. Tapi pengetahuan tanpa guru menjadi faham yang memabukkan,” kata Agung.

Menurut Agung, upaya pencegahan lewat dialog dan sektor pendidikan, menjadi salah satu metode yang perlu terus dilakukan. Hal tersebut, kata Agung, dinilai mampu mempersempit ruang ‘trand mabuk agama’ itu sendiri.

“Kita tidak ingin memperuncing bahasan ideologinya, tetapi lebih pada mengarahkan peningkatan rasa peduli sesama. Kemudian, memupuk pemahaman yang menitik beratkan pada humanisme,” tuturnya.

Dialog Pemuda, lanjut Agung,
mengusung tema –Peranan Pemuda Milenial Dalam Menangkal Radikalisme Dalam Bingkai NKRI–, digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Nashihuddin, Jl Sejahtera 17, Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung, siang ini, Jum’at (07/02/2020).

“Pembicaranya Wakil Ketua PW GP Ansor Lampung Tajuddin Nur, dan Kapolsek Telukbetung Selatan, Kompol Andik Purnomo Sigit SH SIK MM. Dewan Penasihat (Wanhat) PC GP Ansor Bandarlampung, Rodhi Nikmat, Ketua PC GP Ansor Bandarlampung Agung Zawil Afkar, dan Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kota Bandarlampung, M Pribadi,” jelas Agung.

Agung melanjutkan, untuk memandu jalannya acara Ketua pelaksana, Eko Indra akan memoderatori dialog tersebut.

“Ayo kita ramaikan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap keutuhan bangsa,” pungkasnya. (tim)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed