October 25, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Wow, ACT Danai Kerusuhan di India?

2 min read
foto : ilustrasi

Netizen : Di Dalam Negeri Masih Banyak Yang Butuh Bantuan, Kenapa Harus Keluar Negeri!

JARRAKPOSLAMPUNG – Organisasi Kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membantah tuduhan India bahwa ACT membiayai kerusuhan di negara tersebut. Bahkan, ACT menyebut tuduhan tersebut keliru dan tak berdasar.

Di jejaring sosial isu tersebut menuai banyak tanggapan. Bahkan salah satu netizen mengungkapkan langkah ACT merambah keluar negeri dan mengabaikan situasi sosial di dalam negeri adalah langkah yang tidak tepat.

loading...

“Jutaan orang di dalam negeri masih banyak yang butuh diperhatikan, kok merambah keluar negeri,” kata Ikhwan dalam twitannya.

Dalam keterangan persnya yang diterima jarrakposlampung.com  hari ini, ACT mengklaim jika ACT terus berupaya mengantarkan amanah kepedulian bagi jutaan saudara yang mengalami kesusahan, baik yang disebabkan oleh bencana alam, bencana sosial, maupun krisis kemanusiaan termasuk di India.

Dalam keterangan pers tersebut, disebutkan juga bahwa ACT selalu berkoordlnasi dengan organisasi resmi. Hal ini bertujuan untuk membangun kolaborasi dalam mencari jalan keluar suatu permasalahan di bndang kemanusiaan.

Dewan Pembina ACT, Syuhelmaidi Syukur
dalam rilis tersebut menuliskan, selama ini, pihaknya berprinsip sebagai lembaga kemanusiaan selalu independen dimanapun pihaknya mengimplementasikan program.

“Misalnya, kami membantu Rohingya, tetapi tidak terilbat dalam konflik politik. Tidak terlibat dalam ranah konflik Internal negara. Temasuk juga ketika kami melakukan implementasi di India,” kata dia.

Prinsip, lanjut dia, pihaknya membantu kemanusiaan yang merupakan sebuah kewajiban. ACT, tambahnya, melihat banyak korban yang berjatuhan, keterpangglian ini pihaknya wujudkan dengan memberikan bantuan secara langsung.

“Bantuan yang kami berikan pun bersifat emergency. Bantuan yang kami berikan kepada para korban seperti; bantuan santunan, pangan, rumah, kesehatan, dan pendidikan. Kami pun dalam memberikan bantuan tidak memilah-milah. Hal ini karena kemanusiaan adalah wilayah yang netral, tidak terbatas SARA dan selalu bekerja sama dengan para mitra terpercaya,” tutur Syuhel.

India, jelas Syuhel, menjadi ranah kemanusiaan yang sejaunya telah ACT pilih sejak dua tahun Ialu (2017) sebagai titik Implementasi program kemanusiaan. Sementara untuk respons terbadap konflik kemanusiaan Februari Ialu, ACT mendistribusikan bantuan berupa:

1. Ratusan paket pangan. Masing masing paket pangan terdiri dari 10 kilogram tepung gandum utuh, 5 kilogram beras, gula, minyak goreng, teh, garam, dan bumbu masak.

2. Santunan kepada korban dan keluarga korban kerusuhan New Delhi.

3 Santunan kepada puluhan keluarga penerima adalah keluarga yang rumahnya hancur atau anggota keluarganya menjadi korban kerusuhan tersebut.

Sebelumnya, CNN India mengatakan ACT Indonesia mendanai kerusuhan di India. ACT dikatakan sebagai organisasi radikal dan membiayai Muslim-Muslim di India.

Tuduhan itu bisa dilihat dari postingan akun Twitter, @CNNnews18 pada 12 Maret 2020. Postingan tersebut bisa dilihat di bawah ini:

#NewsAlert | Indonesian NGO A.C.T funded Delhi riots, the NGO had assisted Hafiz Saeed in terror strikes in Indonesia: Top Intel sources | Input: @manojkumargupta#DelhiViolence pic.twitter.com/uGjMwIIIhK
— News18 (@CNNnews18) March 12, 2020.

(lis)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

You may have missed