Sun. Sep 20th, 2020

Balapatti

Media Pemersatu Nusantara

Yozi: Belum Ada Wacana Pembahan Lapas

3 min read

Dari Kunjungi Kerja Komisi I DPRD Lampung ke Kanwil Kemenkumham

JARRAKPOSLAMPUNG – Meski saat ini Lembaga Pemesyarakatan (Lapas) di Provinsi Lampung mengalami over kapasitas. Pemerintah belum mewacanakan adanya penambahan unit lapas di Bumi Ruwa Jurai. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Lampung, Yozi Rizal kepada jarrakposlampung.com, Kamis (30/01/2020).

Menurut Yozi, pada kunjungan kerja pihaknya ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung kemarin (Rabu 29/01/2020), Kepala Kantor memang sempat mengungkapkan terkait over kapasitas Lapas yang ada. Namun, kata Yozi, pihak Kemenkumham hanya memprogramkan revitalisasi bukan penambahan.

“Ya, kemarin (Rabu) kami kunjungan ke Kanwil Kemenkumham dan ke Kejati. Belum ada wacana penambahan Lapas atau rutan. Mereka (Kemenkumham) baru ada program revitalisasi terhadap beberapa Lapas,” kata Yozi.

Kunjungan Komisi I, lanjut Yozi, lebih pada menjajaki kemungkinan sinergi program. Selain itu, membahas terkait legal drafting, naskah akademik, saling bertukar narasumber, sampai kemungkinan menjadikan Lapas sebagai lokus sosialisasi peratutan daerah oleh DPRD.

“Kita membahas kemungkinan sinergi program juga terkait legal drafting, naskah akademik, saling bertukar narasumber, sampai kemungkinan menjadikan Lapas sebagai lokus sosialisasi peratutan daerah,” tuturnya.

Sebelumnya Kanwil Kemenkumham mempublikasi kegitan kunjungan DPRD Lampung melaui websitenya. Kanwil Kemenkumham Lampung, Nofli menyampaikan kondisi Lapas/Rutan di Provinsi Lampung yang telah mengalami over kapasitas.

Untuk program rehabilitasi narkoba pada Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Bandarlampung dan Lapas Perempuan Kelas IIA Bandarlampung, pihaknya menjalin kerjasama dengan BNNP dan IPWL.

Sementara pada Divisi Keimigrasian, lanjut Nofli, yang berwenang membidangi lalu lintas dan izin tinggal keimigrasian, bidang intelijen, penindakan, informasi dan sarana komunikasi keimigrasian. Saat ini, lanjutnya, pelayanan pemeriksaan keimigrasian yang dilaksanakan oleh petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandarlampung kepada penumpang yang masuk dan keluar menggunakan mobile unit.

“Tetapi baru secara offline atau tidak terkoneksi dengan Sistem BCM (Border Control Management) secara terpusat. Sehingga mengakibatkan data Pencegahan dan Penangkalan (CEKAL) yang baru masuk tidak bisa langsung update,” tuturnya.

Untuk Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, lanjut Nofli, membidangi pelayanan hukum, bidang hukum dan bidang HAM. Ada insteruksi Menkumham tentang Revitalisasi Kantor Wilayah Kemenkumham sebagai Law and Human Rights Centre dan juga terkait dengan Pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi Produk Hukum di Daerah sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan sebaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

“Pengharmonisasian Produk Hukum Daerah sepanjang Tahun 2019 sejumlah 49 Raperda dan 37 Perkada telah diharmonisasikan di Kantor Wilayah, baik yang berasal dari Biro/Bagian Hukum maupun dari DPRD se Provinsi Lampung,” jelas dia.

Adapun kendala yang dihadapi oleh Kantor Wilayah dalam rangka Revitalisasi Law and Human Rights Centre, tambah Nofli, belum maksimalnya sinergitas antar stakeholder dalam proses pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi produk hukum daerah.

“Terkait Bantuan Hukum, Periode Tahun 2019-2021 terdapat 17 Organisasi Bantuan Hukum yang sudah terverifikasi dan memperoleh pendanaan dari APBN melalui Kementerian Hukum dan HAM,” jelas dia.

Diketahui, dalam kunjungan DPRD Lamoung sempat meninjau fasilitas Law and Human Rights Center Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung seperti ruang JDIH, perpustakaan hukum, ruang legal drafter dan ruang pelayanan konsultasi hukum dan HAM. Selain Komisi I, Ketua DPRD Lampung, Ningrum Gumay juga ikut dalam rombongan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//graizoah.com/afu.php?zoneid=3567752